Mengatasi Kulit Keriput pada Wanita

www.sehafresh.com

SehatFresh.com – Keriput dapat disebabkan karena bertambahnya usia hal ini akan membuat kulit menjadi lebih tipis, lebih kering, dan penurunan kelenturan dan kelembaban sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus, tekstur kulit menjadi tidak halus dan munculnya keriput pada kulit. Keriput dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, menggunakan produk kosmetik, dehidrasi, diet yang berlebihan, merokok, gerakan wajah, begadang dan kurang istirahat.

Bagi wanita bebas dari keriput adalah dambaan, namun bagaimana jika Anda sudah memiliki keriput? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit keriput:

  • Minyak zaitun dan gula. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun yang dicampur gula untuk menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati pada tangan Anda. Caranya, buatlah scrub dari campuran minyak zaitun dan madu. Kemudian gunakanlah scrub tersebut untuk menggosok area tangan Anda. diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Hindari penggunaan sabun dan detergen yang keras. Cara alami mengatasi keriput pada tangan selanjutnya adalah dengan cara menghindari penggunaan sabun dan detergen yang keras. Sebelum Anda mencuci baju, mencuci piring dan lainnya sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan. Tak hanya itu saja, sebaiknya Anda mengoleskan pelembab pada tangan Anda. Hal ini tersebut berguna untuk melindungi tangan dari gesekan-gesekan yang dapat membuat tangan Anda menjadi semakin kasar dan keriput.
  • Gunakan tabir surya. Seperti halnya dengan kulit wajah, kulit tangan yang terkena sinar matahari secara langsung dan lama juga dapat merusak kolagen pada kulit. Seperti yang Anda ketahui kolagen kulit berfungsi untuk membuat kulit lebih halus dan kenyal. Sedangkan jika kolagen kulit rusak, pastinya ini akan membuat kulit tangan menjadi menipis dan dapat menimbulkan keriput. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda selalu mengoleskan sunscreen atau tabir surya sebelum bepergian.
  • Buah dan sayuran. Keriput merupakan pertarungan Senyawa maka diperlukan lawan senyaw juga untuk melawan keriput. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas ( molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel ), dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang dapat menghalangi radikal bebas tersebut dapat membantu kondisi kulit terlihat lebih muda, lebih bercahaya, juga bisa melindungi terhadap beberapa efek photoaging.
  • Kedelai. Satu studi manusia baru-baru ini, yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition, para peneliti melaporkan bahwa suplemen berbahan dasar kedelai (bahan lain termasuk protein ikan dan ekstrak dari teh putih, biji anggur, dan tomat, serta beberapa vitamin) membuat struktur kulit akan menjadi membaik dan lebih kencang setelah enam bulan penggunaan.
  • Putih Telur. Putih telur mengandung vitamin B alami dan vitamin E yang kaya sehingga dapat meremajakan kulit. Cara memakai putih telur pada wajah: Siapkan putih telur pada mangkuk kecil. Aplikasikan pada kulit wajah yang sudah bersih, pijat-pijat hingga mengering dan kencang. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Pijatan. Pijatan dapat melancarkan sirkulasi dan peredaran darah. Beri pijatan pada wajah selama beberapa menit, dengan gerakan lembut tetapi terasa menyegarkan wajah. Fokuskan pijatan pada daerah di bawah mata, leher, kening dan dimana garis halus mulai muncul.
  • Hindari Merokok. Beberapa penelitian ini masih kontroversial, namun penelitian lebih lanjut dan lebih banyak yang menyatakan bahwa asap rokok mempengaruhi usia kulit, terutama dengan mengeluarkan enzim yang memecah kolagen dan elastin, komponen penting dari kulit. Penelitian yang dilakukan di Twin Research Unit di St Thomas Hospital di London menemukan bahwa perokok cenderung memiliki kulit yang lebih berkerut dan sampai 40% lebih tipis dibandingkan dengan non perokok.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY