Mengatasi Masalah Susah BAB dengan Buah Naga

WWW.SEHATFRESH.COM

SehatFresh.com – Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit atau susah buang air besar telah menjadi salah satu keluhan yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat umum. Sembelit atau susah buang air besar sendiri merupakan salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan kurangnya serat atau fiber dalam tubuh seseorang.

Banyak orang yang menyepelekan masalah sembelit seperti ini. Keparahan sembelit setiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya sembelit ringan, hingga yang parah dan kronis. Jika sembelit terjadi berulang kali, bahkan hingga menyebabkan rasa nyeri dan munculnya darah saat buang air besar, seharusnya segera dikonsultasikan ke dokter. Apalagi jika Anda hingga mengalami kelelahan dan menurunnya berat badan.

Konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaan yang dapat menyerang siapa saja. Namun, jika dibandingkan dengan pria, wanita memiliki resiko lebih tinggi mengalami gangguan pencernaan yang satu ini. Lansia (Lanjut Usia) juga salah satu yang paling beresiko mengalami gangguan pencernaan konstipasi ini.

Selain kekurangan serta dan fiber, sembelit juga bisa dipicu oleh kurang cairan, pola makan yang berubah, efek samping dari konsumsi obat-obatan, dan depresi atau stress. Sementara, bagi anak-anak, penyebab konstipasi lebih karena rasa cemas saat mereka menggunakan toilet dan kurangnya latihan menggunakan toilet secara baik. Selain itu, anak-anak juga bisa mengalami konstipasi,karena pola makan yang buruk.

Berikut ada beberapa gejala yang biasanya timbul saat seseorang mengalami sembelit:

  • Merasakan nyeri atau kram perut, biasanya di perut bagian bawah.
  • Menurunnya nafsu makan.
  • Merasa mual.
  • Perut kembung
  • Ukuran tinja bisa berukuran besar atau sangat kecil.
  • Pada bagian rektum biasanya terasa ada yang mengganjal.
  • Saat buang air besar harus mengejan (sedikit mengeluarkan tenaga lebih).
  • Merasa bahwa belum tuntas buang air besar.

Untuk gejala pada anak-anak, biasanya mereka akan menjadi rewel, mengeluarkan kentut berbau busuk, dan mengeluarkan bercak tinja di celana dalam mereka , karena adanya tinja yang bertumpuk di rectum.

Untuk mencegah sembelit seperti ini, Anda bisa mengonsumsi buah buahan, dan mencukupi asupan air ke tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan untuk menjaga serat dalam tubuh Anda tetap tercukupi.

Salah satu buah yang bisa mengatasi sembelit ialah buah naga. Kandungan yang ada dalam buah naga mampu mengatasi sembelit dan mencukupi kebutuhan serat dan fiber bagi tubuh Anda. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY