Mengatasi Mual yang Menggangu Selama Hamil Secara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan menjadi hal yang dinantikan para wanita, terdapat banyak tanda kehamilan yang sering digunakan sebagai acuan, diantaranya adalah timbulnya rasa mual. Bahkan rasa mual ini akan menyertai kehamilan terutama selama trimester awal. Rasa mual ini terkadang menjadi hal yang menggangu karena muncul dengan frekuensi yang sering maka dari itu terkadang kebanyakan ibu hamil mencari cara untuk menanganinya. Meskipun dianggap wajar atau bahkan merupakan tanda kehamilan yang sehat namun tetap saja hal ini harus dikendalikan dengan cara yang tepat. Memilih tips mengurangi mual selama masa kehamilan memerlukan pertimbangan mendasar yaitu keamanan bagi ibu dan janin. Selain itu juga harus diperhatikan untuk memastikan penyebab mual tersebut.

Pada masa kehamilan terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan meningkatnya rasa mual, diantaranya:

  1. Asam Lambung

Beresiko tinggi untuk timbul rasa mual saat hamil, hal ini disebabkan dengan pengaruh perubahan nafsu makan yang pada akhirnya menaikkan asam lambungnya.

  1. Peningkatan Hormon

Selama dalam masa kehamilan hormon Esterogen mengalami peningkatan, sedangkan dalam sistem hormonal Esterogen mampu menjadi pemicu naiknya asam lambung, maka dari itu rasa mual akan timbul disaat yang sama.

  1. Perubahan Metabolisme

Pada wanita hamil sistem metabolisme mengalami perubahan menjadi lebih lambat, hal ini merupakan penyesuaian terhadap metabolisme janin yang terbentuk. Dengan adanya perubahan ini berakibat timbulnya mual dan muntah.

  1. Perubahan Kondisi Psikologi

Kondisi psikologi seseorang memang sering memberikan pengaruh yang signifikan, kondisi psikis ini akan mengalami stabilitas hormon, ketika mengalami kecemasan mual akan langsung timbul menyertainya.

Mengetahui sebab dari mual selama masa kehamilan ini dapat menentukan trik dan tips mengurangi mual selama masa kehamilan yang akan di lakukan. Terutama dalam memilih cara tepat terdiri dari efektivitasnya..

Mengatasi mual pada masa kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, berikut ini cara yang dapat dilakukan secara mandiri dan bersifat alami. Hal ini harus sangat diperhatikan untuk pertimbangan aman dan nyaman bagi ibu hamil.

  1. Atasi morning sicknes dengan memulai dengan bangun perlahan, setidaknya jangan langsung terbangun dari tempat tidur tetapi duduk terlebih dahulu sebelum bangun. Ini akan mengurangi rasa mual yang timbul.
  2. Alihkan pikiran atau sugesti rasa mual tersebut, biasanya ibu hamil muda sering membiarkan mualnya tetap ada.
  3. Sarapan dengan makanan yang bernutrisi dan juga cukup dengan kandungan cairannya, jika tidak dapat memakan nasi atau karbohidrat maka sebaiknya makanlah buah yang berair.
  4. Lakukan sikat gigi setelah makan, agar tidak tersisa rasa makan yang akan menjadi potensi rasa mual
  5. Hindari menggunakan pakaian ketat di bagian pinggul, karena bisa saja ini menjadikan bagian perut terdesak sehingga meninggkatkan rasa mual.
  6. Minumlah air hangat saat mual melanda, ini dapat mengurangi rasa mual
  7. Memakan buah dengan rasa asam dapat membantu, tetapi ini tidak dapat dilakukan secara terus menerus berkaitan dengan riwayat asam lambung
  8. Hindari aroma tajam yang dapat memicu mual
  9. Jika mual dirasa berlebihan terutama melewati masa trimester awal kehamilan, maka segera konsultasikan dengan dokter

Rasa mual dan muntah pada masa kehamilan memang menjadi bagian yang terkadang dianggap penting sebagai penanda kesehatan. Tetapi karena terdapat berbagai respon yang berbeda pada setiap orang dalam mengatasinya, maka tips mengurangi mual selama masa kehamilan penting untuk diketahui setiap ibu hamil. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan mual tersebut terlebih karena tips tersebut dapat dilakukan secara mandiri sehingga lebih mudah. Lakukan tips nya dengan benar, jika mual berlebih konsultasikan untuk mendapat penanganan secara medis. (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY