Mengatasi Nafsu Makan yang Berlebihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seorang wanita pasti menginginkan tubuhnya ideal dengan menjaga bentuk tubuh dan membatasi pola makannya. Akan tetapi jika seseorang memiliki nafsu makan yang besar hal ini tentu saja akan berdampak pada postur tubuhnya. Hal ini bisa terjadi pada orang dewasa atau juga anak-anak. Menurut penelitian seseorang yang memiliki nafsu makan yang berlebihan memang tidak baik dan diperlu suatu perubahan seperti  mengikuti program diet khususnya bagi wanita agar memiliki tubuh yang ideal atau langsing sehingga tidak terlihat gemuk. Perlu anda ingat makanan yang tidak sehat mampu menimbulkan penyakit kronis seperti hipertirodisme dan diabetes. Jika porsi makan telah bertambah otomatis jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh juga ikut bertambah. Dengan begitu tidak mustahil jika terjadi penambahan pula pada berat badan anda.

Ada Beberapa cara untuk mengurangi napsu makan yang berlebihan seperti :

  1. Anda perlu mengawali hari anda dengan serapan

ada beberapa penelitian yang disebutkan bahwa pada saat anda melakukan serapan dipagi hari adalah waktu makan yang paling penting untuk dapat menjaga tubuh mendapatkan nutrisi serta energi sepanjang hari. Selain itu serapan juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dalam menjalani aktivitas. Serapan juga diteliti sangat penting untuk menjaga agar berat badan agar menjadi sehat sekaligus untuk menjaga agar kita mengkonsumsi makanan-makanan ringan yang tinggi gula dan lemak. Dalam sebuah studi telah dilakukan pada orang dewasa pada tahun 2013 yang disebutkan bahwa orang-orang yang memang melewati hari tanpa serapan akan memiliki berat badan yang berlebihan, termasuk kecenderungan memiliki penyakit-penyakit umum seperti resistensi insulin, konsentrasi lipid yang tinggi sehingga akan mengakibatkan obesitas dan hipertensi.

  1. Anda perlu sikat gigi

anda dapat menyikat gigi dengan benar atau anda juga di perbolehkan utuk menggunakan obat kumur untuk mengurangi afsu makan.

  1. Olahraga

Perlu anda ketahui ada beberapa jenis olahraga yang dapat dengan cepat menekan nafsu makan serta mempengaruhi hormon yang menciptakan nafsu makan itu sendiri. Beberapa diantaranya mungkin sudah anda ketahui contohnya seperti latihan angkat beban ataupun dengan aerobik. Tetapi anda masih harus memperhatikan kesehatan anda juga dengan makan untuk menggantikan energi anda yang keluar.

  1. Mengkonsumsi minuman teh atau kopi

Untuk mengkonsumsi minuman teh atau kopi sudah ada penelitiannya yang disebutkan bahwa kafein ini mampu menekan nafsu makan seseorang. Selain itu teh juga sama fungsinya seperti kopi. Namun perlu anda ketahui untuk tidak minum kopi ataupun teh dengan tambahan gula. Terlebih memang jika anda niat untuk menurunkan berat badan.

  1. Anda juga dapat mencari kesibukan

Cara yang satu ini dapat mengurangi nafsu makan anda dimulai dari faktor psikologis. Ketika anda memerlukan berbagai macam kegiatan maka setidaknya pikiran anda akan berfokus pada kegiatan tersebut. Secara otomatis anda tidak akan memikirkan mengenai masalah dapur oleh sebab itu anda akan mengurangi makan anda akibat aktivitas anda.

  1. Makan secara perlahan

Salah satu cara ini perlu anda cob, dengan menggunakan sendok kecil atau mengunyah makanan dengan jumlah bilangan lebih dari 20 kali kunyahan. Harapannya dengan cara ini konten akan mengirimkan sinyal ke otak dengan waktu yang lebih lama. Sehingga anda akan merasakan seperti telah mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak.

Banyak cara untuk mengurangi nafsu makan anda bahkan anda juga dapat melakukannya seperti minum air putih ketika anda merasa lapar dan anda juga dapat menggunakan piring yang berukuran kecil untuk mengurangi porsi makan dan mengunyah permen karet bebas gula.

Dari beberapa cara untuk mengurangi nafsu makan anda , akan tetapi perlu anda ingat makan itu sangat penting untuk kesehatan anda untuk kebutuhan energi anda secara normal dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here