Mengatasi Night Terror Atau Gangguan Tidur pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Night teror adalah salah satu jenis gangguan tidur yang dialami oleh seseorang dan menyebabkan orang tersebut tiba-tiba menjerit, berkeringat atau bahkan menangis dalam keadaan tidur. Nigth teror ini bisa dikatakan merupakan kejadian yang langka.

Night teror ini biasanya dialami oleh anak-anak dan jarang ditemukan pada orang dewasa. Anak yang sering mengalami night teror adalah mereka yang berada pada usia 4 sampai 12 tahun atau masih dalam masa pertumbuhan.

Anak yang terkena night teror selain ditandai dengan menjerit atau menangis, terkadang mereka juga bisa berjalan dalam keadaan tidur dan bahayanya mereka bisa saja berjalan keluar kamar jika tidak ada yang mengawasinya. Hal inilah yang cukup berbahaya jika night teror yang anak anda rasakan sampai berjalan keluar dari kamar.

Apakah night teror berbahaya?. Night teror bisa berbahaya jika anak anda sudah mengalami kejadian ini hingga kurang lebih 1 bulan. Jika sudah seperti itu maka anda harus berkonsultasi kepada dokter.

Apakah ada cara yang bisa digunakan saat night teror menyerang anak?. Anda tenang saja, jika night teror baru beberapa kali diraskan oleh anak, anda bisa melakukan beberapa penanganan seperti :

  1. Bangunkan anak 30 menit sebelumnya

Membangunkan anak 30 menit sebelum terkena night terorr menyerang bisa membantu. Anda juga bisa menghibur dan menenangkan anak anda agar mereka merasa aman.

  1. Biarkan anak dan cukup awasi saja

Jika night terrror sudah terjadi, jangan sesekali anda mencoba menghentikan atau menganggu anak. Jika anda melakukannya anak bisa saja melawan sesuatu yang anda coba lakukan. Anak yang terkena night terror ini bisa saja mengamuk. Oleh karena itu sebaiknya biarkan saja dan awasi segala pergerakannya, apabila ada yang berbahaya anda cukup melindunginya.

  1. Buatlah aman lingkungan di sekitar anak

Bukan hal yang tidak mungkin anak yang terkena night terror akan mengambil benda yang dekat di sekitarnya. Apabila yang diambil benda tajam maka akan berbahaya. Oleh karena itu ciptakan lingkungan aman di kamar anak anda.

  1. Tidur yang cukup

Night terror bisa saja menyerang anak anda karena ia merasa kelelahan atau sering bergadang sehingga kurang tidur di malam-malam sebelumnya. Sehingga pastikan tidur anak anda cukup sehingga night terror tidak akan menyerang anak anda di malam berikutnya.

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi anak dengan gangguan tidur night teror. Semoga cara di atas dapat membantu anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here