Mengatasi Panas Dalam Menjelang Lebaran

SehatFresh.com – Hari Raya Idul Fitri telah usai. Setelah hampir sebulan kita berpuasa, banyak manfaat dirasakan oleh orang-orang yang menjalaninya. Beberapa penyakit umumnya membaik selama puasa. Sakit maag membaik, berat badan pun turun sekitar 5%. Namun, setelah beberapa manfaat yang didapat selama puasa, penyakit lain bisa saja menyerang saat lebaran tiba misalnya panas dalam.

Banyak sekali masyarakat awam yang menganggap panas dalam merupakan sebuah penyakit, padahal tidak demikian. Menurut para ahli, panas dalam merupakan tanda dari respon tubuh yang mengalami gangguan. Ini berarti panas dalam termasuk kedalam gejala sebuah penyakit yang akan muncul.

Masalah panas dalam bisa menyerang siapa saja. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa. Biasanya orang yang suka beraktivitas di luar ruangan cenderung akan lebih beresiko terkena panas dalam ini.

Untuk meredakan penyakit ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti berikut :

  • Pisang. Pisang mengandung sifat antasid di dalamnya. Zat ini membantu untuk menyembuhkan rasa mulas di perut. Setidaknya konsumsi satu buah pisang sehari untuk mencegah kenaikan asam dalam perut yang dapat mengakibatkan panas dalam.
  • Jeruk. Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga memiliki sifat antasida yang berasal dari asam askorbat. Kandungan ini mampu mengurangi asam di dalam perut.
  • Jahe. Saat Anda menderita panas dalam, konsumsilah jahe. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi kandungan asam penyebab panas dalam.
  • Kubis. Kubis mengandung serat yang berfungsi untuk menyerap asam di dalam tubuh. Kombinasi antara kubis dan wortel baik untuk dikonsumsi saat Anda menderita panas dalam.
  • Oatmeal. Oatmeal juga baik untuk mengurangi asam di dalam perut yang dapat mencegah Anda terhindar dari panas dalam. Oatmeal juga kaya akan serat dan anti oksidan yang juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda.
  • Makanan laut. Ikan mengandung taurin yang membantu untuk mengurangi asam di dalam tubuh. Ikan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat perut Anda mulas.
  • Susu. Susu mampu menetralisir kandungan asam di dalam tubuh dan juga membantu mengobati sakit maag karena kaya akan kalsium.
  • Yogurt. Yogurt baik untuk kesehatan pencernaan Anda karena kaya akan anti oksidan dan kalsium. Pencernaan yang baik dapat menghindarkan Anda dari penyakit panas dalam.

Panas dalam merupakan gejala penyakit ringan yang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Oleh karena itu saat gejala panas dalam menyerang, redakan dengan mengonsumsi makanan di atas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY