Mengatasi Perut Kembung atau Begah Setelah Berbuka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –  Mengalami masalah perut kembung atau begah ketika berbuka puasa, pasti seringkali dihadapi banyak orang. Menyantap makanan terlalu banyak saat sahur atau berbuka, memang dapat menimbulkan dampak negatif. Lantas bagaimana cara mengatasi perut kembung/begah saat berbuka?

Penyebab perut kembung/begah saat berbuka puasa

Seseorang apabila terserang perut kembung/begah setelah berbuka puasa, maka perlu mengingat kembali makanan dan minuman apa yang dikonsumsi saat Azan Magrib datang. Rupanya makanan seperti gorengan dapat memberikan rasangan pada cairan lambung sehingga menjadi tinggi.

Selain itu beberapa makanan dan minuman juga bisa menaikan asam pada lambung. Misalnya saja makanan atau minuman yang terlalu dingin, terlalu pedas, terlalu manis, atau juga mengandung lemak tinggi.

Apabila seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti di atas, maka asam lambung dapat sensitif. Dampaknya perut menjadi kembung, begah, hingga nyeri di ulu hati.

Cara mengatasi perut kembung/begah ketika berbuka puasa

  1. Berhenti mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gas dan fosfat. Seseorang bila mengalami perut kembung/begah ketika berbuka puasa, bisa saja ada yang salah dari makanan yang dikonsumsi. Misalnya saja makanan yang mengandung gas atau fosfat tinggi seperti ubi, kol, hingga nangka muda. Alhasil berhentilah mengonsumsi makanan tersebut saat berbuka, karena bisa meningkatkan produksi asam pada lambung.
  2. Mengurangi asupan garam. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam juga dapat memicu asam lambung, sehingga menyebabkan perut kembung/begah. Seseorang bila mengalami perut kembung ketika menyantap makanan saat berbuka, maka perlu diteliti apakah hidangan tersebut mengandung garam yang tinggi atau tidak.
  3. Mengonsumsi stroberi. Apabila mengalami perut kembung ketika berbuka puasa, maka cobalah untuk mengonsumsi stroberi. Seseorang dapat mengonsumsi stoberi secukupnya, ketika sahur atau berbuka puasa.
  4. Mengonsumsi air putih yang cukup. Ternyata kurang asupan air dapat mengakibatkan perut kembung ketika berbuka puasa. Biasakan untuk meminum air putih secukupnya saat berbuka, guna membantu dalam keseimbangan cairan pada tubuh.
  5. Hindari makanan berlemak karena sulit untuk dicerna. Perut kembung merupakan sinyal adanya sesuatu yang kurang baik di dalam pencernaan. Alhasil hindari menu berbuka yang mengandung MSG seperti minuman bersoda, mie instan, hingga makanan berlemak tinggi.
  6. Mengkonsumsi makanan secukupnya. Banyak kesalahan yang dilakukan seseorang ketika berbuka puasa, yakni langsung menyantap makan besar. Dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat dan makanan yang manis di awal berbuka puasa. Kemudian perut diistirahatkan dengan sholat Maghrib, setelah itu barulah makan besar.

Mencegah agar perut tidak kembung saat berbuka

  1. Seseorang dapat mencegah perut kembung dengan meminum minimal delapan gelas, mulai dari waktu berbuka sampai imsak.
  2. Seseorang dapat mencegah perut kembung dengan menghindari minuman bersoda atau beralkohol.
  3. Seseorang dapat mencegah perut kembung dengan mengurangi asupan garam.
  4. Seseorang dapat mencegah perut kembung dengan mengonsumsi susu rendah laktosa.
  5. Seseorang dapat mencegah perut kembung dengan mengonsumsi makanan bertahap dan dikunyah perlahan-lahan ketika berbuka. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here