Mengatasi Perut Kembung Di Pagi Hari

www.sehatdanfit.com

SehatFresh.com – Perut kembung terjadi ketika terdapat gas yang berlebihan pada saluran pencernaan yaitu pada lambung dan usus. Apabila terdapat kelebihan gas pada lambung atau usus bagian atas, maka dapat mengakibatkan perut kembung, terasa begah, dan sendawa yang berlebihan. Sedangkan kelebihan gas pada bagian usus yang lebih rendah dapat juga mengakibatkan perut kembung dan meningkatnya frekuensi kentut. Kelebihan gas dari salah satu lokasi usus dapat menyebabkan kram atau sakit perut, melilit, dan seringkali tanpa pola yang jelas.

Untuk itu, jika Anda mengalami perut kembung saat bangun tidur, maka terdapat beberapa hal berikut ini yang perlu Anda lakukan :

  • Pijat perut Anda. Kembung disebabkan oleh timbunan gas dalam lambung dan usus Anda. Memijat bagian ini dapat memudahkan gas melewati saluran cerna, sehingga Anda bisa lebih cepat mengeluarkannya. Berbaringlah dan gosokkan tangan Anda ke perut secara memutar. Teruskan memijat sekitar 15 menit, atau hingga Anda merasa kembung berkurang dan gasnya keluar. Tubuh Anda harus diregangkan saat memijat. Jika tubuh Anda membungkuk atau dalam posisi duduk, Anda akan lebih sulit mengeluarkan gas. Berbaring atau berdirilah saat memijat.
  • Ini merupakan cara lainnya untuk membantu mengeluarkan gas dari tubuh Anda lebih cepat. Jika ada waktu, berlari, berenang, atau bersepedalah paling tidak 30 menit. Berjalan cepat selama 30 menit juga bisa membantu Anda. Intinya adalah menggerakkan tubuh selama waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan gas dari tubuh, dengan demikian, kembung akan reda.
  • Minum banyak air. Air akan mengeluarkan natrium dan cairan dari tubuh Anda, sehingga menjadi faktor penting dalam meredakan perut kembung. Minumlah beberapa liter air saat perut Anda kembung dan Anda akan segera merasa seperti sedia kala dalam waktu satu atau dua jam.
  • Jika Anda tidak suka minum air putih biasa, cobalah minum teh herbal semacam pepermin sebagai gantinya.
  • Hindari minuman yang mengandung gula atau garam, karena akan membuat masalah Anda semakin berat.
  • Minum teh dandelion. Teh dandelion memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, teh ini diketahui dapat membantu meredakan kembung. Bahan ini adalah diuretik alami, sehingga dapat mengeluarkan gas dan cairan dari tubuh Anda lebih cepat. Anda bisa memperoleh teh dandelion di sebagian besar toko makanan kesehatan. Jika Anda sering kembung, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menanam sendiri dandelion, sehingga Anda selalu bisa mendapatkan manfaat dari teh segar.

UntukĀ  mengatasi peningkatan gas dalam saluran cerna tergantung dari penyebabnya. Jika peningkatan gas disebabkan oleh sakit maag maka penyakitnya sendiri harus diatasi terlebih dahulu. Selain itu pemberian simeticone juga mampu mengatasi gas.

Jika akibat konsumsi gula yang berlebihan seperti laktosa, sorbitol, dan fruktosa dapat diatasi dengan menghindari bahan tersebut dari diet sehari-hari. Jika akibat intoleransi laktosa dapat ditambahkan enzim sehingga laktosa dapat dimetabolisme dengan baik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY