Mengatasi Radang Tenggorokan saat Puasa pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di bulan suci yang penuh berkah ini rasanya kita ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa hambatan dan gangguan. Namun jika menu makanan kita di bulan ramadhan ini tidak sehat maka penyakit pun mudah datang menghampiri kita, salah satu contohnya yaitu penyakit radang tenggorokan atau sakit tenggorokan biasa tapi tidak diobati, berubah deh jadi radang tenggorokan. Bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan saat puasa?

Kebanyakan, orang terutama remaja yang suka makan gorengan lebih rentan terkena radang tenggorokan, alasannya karena mereka lebih banyak mengonsumsi minyak dan lemak daripada makanan yang banyak mengandung vitamin dan serat. Faktor penyebab radang tenggorokan lainnya adalah karena tingkat polusi yang buruk dan debu yang banyak mengandung kuman, akibatnya tenggorokan menjadi mudah terinfeksi dan terjadilah radang tenggorokan.

Seseorang yang terkena radang biasanya memiliki ciri seperti berikut:

  • Suhu badan naik atau demam.
  • Tenggorokan terasa sakit saat digunakan unutk menelan.
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.
  • Dinding tenggorokan berwarna merah diserati dengan bercak putih.

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Berpuasa

  • Berkumur dengan air garam. Tips yang pertama untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan cara berkumur dengan menggunakan air garam. Anda dapat melakukan hal ini saat berbuka puasa ataupun saat sahur. Garam mengandung sifat anti peradangan yang dapat mengatasi sakit tenggorokan Anda. Caranya, masukkanlah garam ke dalam air hangat, agar hasil lebih maksimal, Anda juga dapat menambahkan madu. Melakukan hal ini secara teratur, dapat mengatasi pembengkakan pada saluran tenggorokan Anda.
  • Mengonsumsi vitamin C. Cara mengatasi radang tenggorokan yang kedua adalah dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C. Vitamin C yang Anda konsumsi dapat melawan dan membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Tak hanya itu saja, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sumber makanan yang kaya akan vitamin C adalah buah jeruk, anggur, jambu biji merah, stroberi, kiwi dan lainnya.
  • Minum air putih. Seperti yang Anda ketahui saat berpuasa tubuh akan kekurangan cairan. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat minum air putih dengan cara menerapkan sistem 2-4-2. 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat malam hari dan juga 2 gelas saat sahur. Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan penderita sakit tenggorokan. Hal ini karena saat tenggorokan terasa kering ini akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan.
  • Mengonsumsi sup. Cara yang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi sup. Hal ini karena saat radang tenggorokan pastinya kiat akan sulit untuk menelan makanan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membuat sup ayam dengan campuran asam jawa. Selain nikmat, kandungan asam pada asam jawa sangat berguna unutk melawan peradangan dan membunuh segala bakteri yang ada di dalam tubuh.

Itulah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan saat puasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY