Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nyeri tulang belakang biasa dialami wanita hamil pada umumnya. Rasa nyeri akan mulai terasa saat kehamilan memasuki trimester ketiga dimana berat badan ibu meningkat secara signifikan.

Sakit pinggang saat kehamilan biasanya terjadi ketika panggul bertemu dengan tulang belakang, yakni di sendi sacroiliac. Ada banyak kemungkinan mengapa sakit punggung pada ibu hamil bisa terjadi., seperti bertambahnya berat badan, perubahan postur tubuh, perubahan hormon, pemisahan otot, dan stres.

Nyeri pinggang selama hamil dapat ditanggani dengan cara-cara sederhana, seperti:

  • Menjaga postur tubuh yang baik. Ibu hamil harus selalu berdiri dan duduk dengan posisi tegak yang menjaga punggung tetap lurus. Hal ini dapat mencegah sakit punggung selama hamil.
  • Menjaga posisi tidur. Jika ingin tidur menyamping, maka salah satu atau kedua lutut sebaiknya sedikit ditekuk. Dapat dibantu dengan bantal yaitu menempatkan satu bantal di antara lutut dan bawah perut saat tidur. Cara ini dapatĀ  meringankan tekanan otot punggung dan menjaga posisi tulang belakang menjadi netral.
  • Menghindari membawa beban berat. Hindari membawa beban berat terutama pada trimester kedua dan ketiga. Ibu hamil harus selalu menekuk lututnya dan menjaga punggung tetap lurus saat mengambil sesuatu dari bawah.
  • Alas kaki yang tepat. Sepatu rendah dan datar adalah alas kaki yang baik untuk ibu hamil. Hindari sepatu dengan hak tinggi selama hamil.
  • Olahraga. Olahraga teratur yang sesuai dengan kemampuan ibu hamil dapat memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot dan mengurangi stress pada tulang belakang. Jalan kaki, berenang, bersepeda statis, dan senam untuk ibu hamil merupakan salah satu pilihan olahraganya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY