Mengatasi Stres yang Dihadapi Seorang Pria

SehatFresh.com – Stres memang sulit terhindarkan dari dinamika kehidupan. Pada dasarnya, stres merupakan naluri dasar untuk bertahan hidup, yang membantu Anda mengelola situasi yang mengancam. Maka sedikit stres memang memberikan manfaat yang positif. Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon stres yang disebut kortisol. Ketika stres menjadi tidak terkendali dan berkepanjangan, kadar hormon stres berlebih memicu kekacauan dalam berbagai kinerja sistem tubuh.

Stres, kecemasan, ataupun depresi yang berkepanjangan telah dikaitkan dengan tingginya risiko demensia dan Alzheimer. Hal lain menyangkut ancaman penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga kanker juga mengintai jika Anda tidak bisa mengendalikan stres. Ini karena pikiran berpengaruh kuat pada kondisi tubuh. Sistem daya tahan tubuh juga sangat dipengaruhi oleh pikiran dan tindakan.

Mengendalikan dan mengatasi stres memang tidaklah mudah. Tapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres sehingga tidak menjadi stres kronis atau berkepanjangan:

Merawat diri

  • Menerapkan pola makan gizi seimbang.
  • Menyeimbangkan porsi kerja dan istirahat (pastikan untuk tidur enam hingga delapan jam per malam).
  • Sempatkan melakukan aktivitas fisik setiap hari, setidaknya 30 menit per hari.
  • Ketika masalah yang membuat stres terasa berat di kepala, buat tubuh serileks mungkin. Bagilah masalah Anda pada teman yang bisa dipercaya.
  • Jangan lari ke alkohol atau rokok, karena ini hanya akan memperburuk keadaan.

Belajar teknik relaksasi

Secara umum, olah tubuh sangat baik untuk mengurangi stres. Untuk belajar mengendalikan stres, Anda bisa mulai berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga. Keduanya sangat populer dan efektif dalam mengatasi stres. Pijat juga bisa dijadikan cara untuk membuat tubuh lebih rileks. Bahkan, International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa 15 menit pijatan lembut pada beberapa bagian tubuh dua kali seminggu dapat membantu mengurangi stres dan membuat sistem saraf lebih rileks.

Menulis

Menulis ternyata bisa membantu Anda meluapkan emosi terpendam dengan cara yang positif. Dalam hipnoterapi, menulis sering disebut sebagai metode silent abbreaction. Bila Anda malu menceritakan masalah Anda pada orang lain, menulis bisa menjadi solusi pereda stres yang baik. Dalam artikel Anxiety, Stress, & Coping yang diterbitkan pada tahun 2010, penelitian menyebutkan bahwa menulis mengenai hal yang memicu stres atau depresi selama 20 menit dalam dua hari benar-benar dapat mengurangi stres.

Mendengarkan musik

Musik klasik tidak hanya dianjurkan untuk didengar ibu hamil agar bayinya cerdas. Secara umum, musik mampu meningkatkan emosi positif dalam jiwa Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing, dilaporkan bahwa pasien yang mendengarkan lagu kesukaannya menjadi lebih tenang ketika akan menghadapi operasi.

Berpikir positif

Salah satu cara bijak dalam mengatasi stres sehari-hari adalah dengan belajar untuk selalu berpikir positif. Menurut penelitian, orang-orang yang selalu berpikir positif dan optimis cenderung memiliki respon imunitas yang lebih kuat ketimbang mereka yang memiliki cara pikir negatif. Berpikir positif memungkinkan Anda untuk mengatasi stres lebih efisien dan menurunkan dampak buruk stres terhadap kesehatan baik itu secara fisik maupun psikis. Belajarlah untuk selalu menempatkan sisi positif pada setiap pikiran negatif Anda. Ketika kesulitan menyelesaikan pekerjaan misalnya, rangsang diri Anda dengan kalimat-kalimat penyemangat bahwa Anda dapat menyelesaikannya dengan baik, bukannya mengeluh.

Cari bantuan profesional

Jika stres terasa tidak tertangani dan sulit dikendalikan, jangan ragu untuk meminta bantuan psikolog atau konselor profesional. Profesional dapat membantu mengarahkan cara atau metode penanangan stres yang sesuai untuk Anda.

Sumber gambar : www.gulalives.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY