Mengatasi Tubuh Lemas saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tak semua orang yang menjalani ibadah puasa dengan lancar tanpa hambatan. Sejumlah orang yang menjalaninya merasakan beberapa keluhan. Salah satunya adalah tubuh terasa lemas. Adakah cara untuk mengatasinya?

Seperti yang dilaporkan Washington Post, orang-orang yang berpuasa dapat mengalami keluhan, seperti nyeri kepala, lemas hingga dehidrasi di siang hari. Tentu saja, hal-hal ini terkadang dapat menggangu aktivitas sehari-hari.

Sebuah studi yang dilakukan di Maroko tahun 2001 menunjukkan, orang-orang yang berpuasa dapat mengalami gangguan tidur berupa pemendekan dari fase tidur. Fase ini merupakan waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memperbarui tubuh keesokannya. Gangguan tidur ini bisa menjadi penyebab tubuh lemas ketika berpuasa.

Agar tubuh tidak lemas saat berpuasa, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Cukupkan waktu tidur

Tubuh yang lemas kala berpuasa juga bisa disebabkan karena istirahat yang kurang. Ini biasanya terjadi karena perubahan waktu tidur, yang biasanya bangun pagi atau siang diminta bangun lebih pagi untuk sahur. Selain itu, terlalu banyak tidur dan terlalu sedikit tidur dapat menimbulkan rasa lelah. Tidurlah yang cukup selama 7–8 jam dalam sehari. Disarankan, untuk tidur tidak lama setelah salat tarawih agar Anda segar saat terbangun untuk makan sahur. Lebih baik lagi, bila Anda bisa tidur sebentar di siang hari.

  • Pilhlah air putih

Jangan sampai Anda kekurangan cairan yang bersumber dari air putih. Sumber cairan selain air putih bisa berakibat buruk. Kafein, misalnya, berperan sebagai diuretik di mana saat mengonsumsi kopi dapat menyebabkan Anda kekurangan cairan dan bisa menimbulkan dehidrasi. Jadi, selama puasa hindari konsumsi kopi atau minuman bersoda dan perbanyak konsumsi air putih saat berbuka puasa hingga sahur.

  • Jaga pola makan

Dr. Ardiansyah Bahar mengingatkan pentingnya pola makan sehat dan istirahat berkualitas. Menurutnya, penting untuk menjaga pola makan teratur saat sahur dan berbuka. Pada saat sahur, pilih karbohidrat kompleks, seperti gandum dan beras merah. Ia berujar, “Dibandingkan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks lebih lama dicerna sehingga kenyang lebih lama”. Makanan berserat, seperti sayuran hijau dan hampir seluruh jenis buah juga lama untuk dicerna yang dapat menahan rasa lemas Anda selama Anda berpuasa. Hindari makanan yang diproses, contohnya kue dan biskuit.

  • Tetaplah beraktivitas

Menurunnya konsentrasi bisa membuat Anda tanpa sengaja diam tanpa melakukan sesuatu atau bengong. Nah, kebanyakan bengong bikin Anda mengantuk. Jadi, selama Anda berpuasa, tetap lakukan aktivitas Anda sehari-hari. Lakukan kesibukan, seperti bekerja atau menghabiskan waktu bersama keluarga, untuk melupakan kelaparan dan lelah. Jika masih lemas atau mengantuk, cobalah berolah raga ringan atau streching. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here