Mengatasi Tubuh Yang Sering Lelah

SehatFresh.com – Kelelahan adalah keluhan yang sangat umum yang dialami banyak orang. Sejatinya, tidak ada orang yang bisa fit dan bugar setiap waktu. Semuanya membutuhkan waktu beristirahat untuk memulihkan stamina tubuh dan badan agar kembali segar. Namun, rasa lelah yang terlalu sering dan berlebihan tentunya akan sangat mengganggu produktivitas dalam bekerja yang berimbas kepada prestasi kerja dan pencapaian-pencapaian di masa yang akan datang.

Anda harus waspada jika rasa lelah berlangsung hampir setiap saat. Kelelahan bisa jadi merupakan sinyal yang mengindikasikan bahwa tubuh tidak sehat. Berikut beberapa tips untuk mengatasi kelelahan yang sering Anda alami.

Tidur malam yang cukup
Kurang tidur merupakan penyebab rasa lelah yang paling umum. Tidur begitu penting untuk memperbaiki dan mengembalikan kebugaran tubuh. Selain waktu tidur yang cukup, Anda juga perlu menerapkan kebersihan tidur yang baik yang meliputi menghindari perangkat elektronik sebelum tidur, mematikan lampu di malam hari, pastikan kamar tidur Anda sejuk, gelap, dan tenang, dan menghindari kafein setelah jam 3 di sore hari.

Kurangi stres
Stres bisa sangat menguras energi. Strategi meredakan stres secara teratur bisa Anda lakukan dengan teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga. Meluangkan waktu di akhir pkcan untuk melakukan perawatan diri seperti dipijat, pergi berjalan-jalan, atau melakukan sesuatu yang kreatif bisa mengurangi tingkat stres Anda.
Jangan lewatkan sarapan
Sarapan di pagi hari adalah kebiasaan sehat yang harus dilakukan setiap orang. Namun tidak sedikit juga yang mengabaikan sarapan pagi ini. Sarapan sehat setiap hari dapat memenuhi asupan gizi yang cukup untuk menunjang energi agar Anda tidak cepat lelah.

Eat clean
Eat clean atau makan bersih berarti mengurangi makanan olahan yang seringkali memiliki kandungan gula tinggi, yang akan menguras energi sehingga membuat Anda lebih sering lelah. Ganti makanan tersebut dengan makanan alami dan segar seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak dan bebas gula. Tubuh juga memerlukan cairan atau air putih dalam menunjang kegiatan kita sehari hari. Jika tidak terpenuhi, tubuh cenderung menjadi cepat lelah.

Olahraga teratur
Berolahragalah secara teratur setiap hari minimal 30 menit di pagi hari. Olahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan mengurangi tingkat stres Anda.

Jangan terlalu memaksakan diri
Pekerjaan memang mengharuskan kita menjadi profesional. Namun, bukan berarti kita harus memaksakan diri ketika tidak mampu. Ketika kita memaksakan diri untuk bekerja, maka tanpa kita sadari, hal tersebut akan membuat tubuh dan badan menjadi gampang lelah dan letih.

Selain karena rutinitas padat, kelelahan juga bisa menjadi indikasi kondisi medis tertentu. Memang sulit untuk menentukan apakah kelelahan yang Anda alami hanya sekadar lelah atau merupakan tanda penyakit tertentu. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kelelahan. Kondisi tersebut meliputi anemia, penyakit tiroid, diabetes, gangguan tidur, infeksi kronis, masalah hati dan ginjal, serta kondisi jantung. Jika rasa lelah Anda bersifat menetap hingga berbulan-bulan, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sumber gambar : ayysa.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY