Mengatasi Wanita yang Tidur Mendengkur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mendengkur dapat menggangu kenyamanan orang yang tidur bersama Anda. Mendengkur tidak boleh dianggap sepele. Mendengkur merupakan suatu gejala yang terjadi dari sleep apnea atau yang biasa disebut dengan terhentinya nafas ketika tidur. Mendengkur dapat terjadi pada kondisi menyempitnya saluran pernafasan saat tidur sehingga aliran udara didalam tubuh menjadi terhambat. Akibat mendengkur pada orang dewasa dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi, gangguan pada jantung, stroke, dan hipertensi.

Mendengkur pada wanita bisa disebabkan oleh kecapean, pola hidup yang tidak sehat, seringnya minum obat depresi, gemuknya badan, usia, tenggorokan yang mengalami gangguan, hidung yang mengalami gangguan, dan posisi tidur. Jika Anda adalah wanita yang mendengkur pada saat tidur, bacalah beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi mendengkur pada saat tidur:

  • Ubah posisi tidur. Posisi tidur terlentang adalah posisi biasanya yang terdengar saat mendengkur, karena pada posisi ini mengakibatkan lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan. Anda bisa merubah posisi tidur menyamping untuk mengatasi dengkuran saat tidur.
  • Angkat posisi kepada Anda saat Posisi kepala juga memengaruhi timbul tidaknya dengkuran. Kebanyakan kepala orang yang mendengkur letaknya jauh ke bawah. Posisi kepala yang lebih tinggi akan membantu tenggorokan bersih dari penghalang.
  • Bersihkan sinus. Sebelum tidur ada baiknya Anda membersihkan bagian sinus dibagian hidung Anda. Banyaknya sinus menyebabkan aliran udara menjadi mampet dan menimbulkan dengkuran.
  • Gunakan kontrol udara. Dengkuran dapat menjadi lebih parah dengan adanya udara yang kering. Cara ini akan membuat kamar Anda memiliki uap air yang bagus dan cukup bagi sirkulasi pernafasan.
  • Hirup uap air sebelum tidur. Cara ini dapat menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung
  • Senam tenggorokan. Mungkin Anda bingung bagaimana caranya melakukan senam tenggorokan. Senam tenggorokan mudah sekali dilakukan, hanya dengan membuka mulut Anda selebar mungkin dan meregangkan rahang ke satu sisi dengan cara memegang rahang selama 30 detik. Ulangi cara ini pada rahang bagian satunya. Melakukan senam ini sebaiknya dilakukan juga menjulurkan lidah sejauh yang Anda bisa. Senam tenggorokan dan lidah ini membantu melonggarkan otot tenggorokan Anda.
  • Bernyanyi. Ternyata bernyanyi tidak hanya berfungsi untuk menyenangkan hati Anda, ini juga dapat dilakukan untuk menghindari mendengkur saat tidur. Bernyanyi dengan nada yang tnggi dapat membantu mengendurkan otot tenggorokan Anda.
  • Turunkan berat badan. Orang yang bertubuh gemuk berkemungkinan mendengkur lebih banyak dibandingkan dengan yang kurus karena adanya penumpukan lemak dan penyempitan pembuluh darah.
  • Perhatikan makan. Sering kali kita merasakan lapar sebelum tidur. Hindari makan berat sebelum tidur. Makan sebelum tidur tidak baik bagi berat tubuh Anda yang akan mengakibatkan proses pernafasan akan terganggu. Minum susu sebelum tidur juga sebaiknya dihidari karena dapat meningkatkan produksi lendir di mulut.
  • Hindari alkohol dan obat penenang. Kedua bahan ini adalah penyebab utama mendengkur. Obat penenang dan alkohol dosis rendah cenderung dapat menekan saluran pernafasan dan mengganggu relaksasi otot.
  • Tetap terhidrasi baik. Dehidrasi dapat menyebabkan mendengkur karena dehidrasi membuat banyak cairan sekresi di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY