Mengenal Berbagai Jenis Reflek pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah bayi di kalangan masyarakat yaitu sebutan untuk anak kecil yang berusia di bawah 1 tahun. Namun dalam dunia kebidanan istilah bayi dibayi menjadi 2 masa yaitu masa neonatal (Bayi Baru Lahir atau BBL) dan masa bayi. Menurut buku yang berjudul ”Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita” menjelaskan bahwa bayi baru lahir merupakan bayi yang lahir normal dengan usia kehamilan aterm (37-42 minggu) dengan berat badan 2500-4000 gram.

Masa neonatus merupakan masa dimana bayi berumur 0 hari sampai umur 28 hari (1 bulan) sesudah kelahiran. Sedangkan masa bayi yaitu apabila anak berusa 1 bulan sampai 12 bulan (1 tahun).

Bunda harus mengenali berbagai jenis reflek yang dapat diketahui sejak bayi lahir. Hal ini merupakan suatu kondisi yang penting karena berkaitan erat dengan pertumbuhan dan berkembangan bayi, berikut ini beberapa jenis reflek pada bayi, yaitu :

  1. Refleks suckling

Dalam bahasa indonesia reflek suckling artinya refleks menghisap. Apabila puting susu didekatkan dengan mulut bayi maka bayi akan merespon dan menghisap puting yang dimasukan ke dalam mulutnya. Selain itu anda dapat mengecaknya dengan menggunakan dot bayi yang sudah steril.

  1. Refleks palmar graps

Reflek ini untuk mengetahui apakah bayi memiliki kemampuan untuk menggenggam atau mencengkram suatu benda yang disentuhkan kepada tangan bayi.

  1. Refleks rooting

Reflek rooting artinya refleks mencari. Dimana reflek ini akan terjadi peningkatan kekuatan tonus pada lengan dan tungkai ketika bayi menoleh ke salah satu sisi. Contohnya prosuder IMD.

  1. Reflek swallowing

Merupakan suatu refleks untuk mengetahui apakah bayi memiliki kemampuan untuk menelan atau tidak.

  1. Reflek ekstrusi

Refleks ekstrusi merupakan suatu reflek dimana bayi akan menjulurkan lidah keluar apabila ujung lidah disentuh dengan jari atau puting susu.

  1. Reflek breathing

Refleks ini untuk mengetahui apakah abyi memiliki gerakan seperti menghirup dan menghembuskan nafas secara berulang-ulang.

  1. Reflek moro

Apabila anak sikecil di rangsang dengan memberikan hentakan suara maka bayi akan secara tiba-tiba memberikan respon yang menunjukan dirinya terkejut.

  1. Refleks babyskin

Apabila telapak kaki bany di usap maka secara tiba-tiba akan muncul gerakan jari-jari kaki mencengkram. Hal ini salah satu indikasi bahwa syaraf bayi tersebut berkembang secara normal.

  1. Refleks toniknek

Refleks toniknek dikenal sebagai posisi bayi menengadah. Refleks ini akan muncul saat bayi berusia 1 bulan dan akan menghilang saat bayi berusia 5 bulan. Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa refleks toniknek adalah tanda dimana terjadinya koordinasi mata dengan kepala bayi yang akan menyediakan bayi untuk mencapai gerak sadar.

  1. Refleks steping

Refleks steping artinya refleks melangkah atau berjalan. Bayi akan melangkah atau berjalan dengan satu kaki setelah itu kaki lainnya akan ikut berjalan secara bergantian pada permukaan yang rata.

  1. Refleks crawling

Reflek crawling digunakan untuk mengetahui apakah bayi memiliki kemampuan untuk merangkak. Pada umumnya bayi akan berusaha merangkak ke depan dengan kedua tangan dan kaki apabila diletakan secara tlungkup dipermukaan yang datar. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here