Mengenal Berbagai Macam Jenis Buah Mangga di Indonesia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nama mangga lebih umum dikenal di seluruh Indonesia. Sedangkan di Jawa Barat disebut buah saja. Sebutan yang janggal, karena istilah buah lebih umum dikenal untuk menyebut seluruh jenis buah-buahan yang ada di seluruh dunia. Di Jawa Barat hanya ditujukan buat mangga saja. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera Indica. Berikut jenis-jenis buah mangga yang umum sering beredar di Indonesia:

  1. Mangga Madu

Tinggi pohon sekitar 9 meter dengan lebar tajuk mencapai 11 meter. Daun dan percabangan relatif sedikit dan cenderung jarang berbuah. Daun agak lonjong berbentuk melipat dan berujung rucing, panjang 22 cm dan lebar 7 cm. Berat buah sekitar 371 gram, panjang sekitar 112 cm, berbentuk bulat panjang dengan ujung buah membulat, paruh dan lekukan pada ujung buah tidak begitu jelas terlihat. Kulit halus dilapisi lilin, terdapat bintik-bintik kelejar putih kehijauan.

  1. Mangga Harum Manis (Mangga Gadung atau Mempelam)

Mangga Harum Manis atau mangga Gadung, memiliki aroma cukup harum dan rasa manis. Tinggi pohon sekitar 10 meter, berdaun lebat, dan memiliki mahkota pohon menyerupai kerucut. Daun berukuran cukup besar, dapat mencapai panjang kurang lebih 44 cm, berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Kulit buah berwarna hijau, tertutup lapisan lilin, sehingga warnanya seolah-olah tampak kelabu.

  1. Mangga Manalagi

Rasa buah mangga manalagi sangat enak, seperti perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Tinggi pohon pohon hanya sekitar 8 meter, dengan mahkota agak bulat berdiameter sekitar 11 meter. Buah yang sudah masak berwarna hijau tua, tertutup lapisan lilin berwarna kelabu. Saat masak, pangkal buah akan berwarna kekuningan. Kulit buah relatif tebal dengan bintik-bintik kelenjar berwarna putih dan berubah menjadi cokelat pada bagian tengahnya setelah masak.

  1. Mangga Telor

Mangga telor ini ada yang menyebutnya mangga endog. Bentuk bunganya lonjong, bagian pangkal dan ujungnya meruncing. Panjang daun sekitar 20 cm dengan lebar 6 cm. Bunga berbentuk kerucut dengan panjang tandang bunga mencapat 25 cm. Buah berbentuk bulat kecil menyerupai telur, dengan berat sekitar 205 gram. Panjang buah sekitar 7 cm dengan diameter antara 5-6 cm. Pangkal buah membulat dengan ujung sedikit berparuh dan tidak memiliki lekuk.

  1. Mangga Lalijiwo

Panjang daun sekitar 19 cm. Ukuran buah tidak terlalu besar, seperti mangga endog, rata-rata hanya 205 gram. Bentuk buah agak membulat pada bagian ujungnya dengan panjang 6 cm, berparuh dan berlekuk sedikit. Kulit buah tua berwarka hijau dengan bintik- bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Jika sudah tua, daging buah berwarna kuning tua, berkadar air sedikit, beraroma kurang harum dan memiliki rasa yang manis.

  1. Mangga Indramayu

Mangga Indramayu merupakan mangga lokal yang banyak di tanam dan di daerah indramayu. Baunya menyengat dengan rasa manis yang juga menyengat. bentuk buah mangga ini sangat khas, sehingga sangat mudah membedakannya dengan buah mangga jenis lain. Daging buahnya sedikit berair dan mempunyai serat yang khas, sehingga sangat nikmat saat di santap di musim panas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here