Mengenal Ciri-ciri dan Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain fashion, hal lain yang menunjang kepercayaan diri wanita adalah make up. Ada yang mengatakan malu jika keluar tanpa make up dan bahkan merasa jelek tanpa make up. Jadi bisa dimengerti betapa pentingnya make up bagi kaum wanita.

Merasa bahwa make up hal yang wajib, maka setiap hari kebanyakan wanita hanya memakai make up dengan cuma-Cuma tanpa memperhatikan hal lainnya dan yang penting cantik. Padahal ada satu hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan make up yaitu tanggal kadaluarsa.

Setiap make up yang diproduksi oleh pabrik make up pasti memiliki tanggal kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa menunjukan bahwa itu adalah waktu terakhr sebaiknya anda menggunakan produk tersebut, namun seringkali wanita tak memperhatikan hal tersebut dan terus memakai make upnya walaupun sudah kadaluarsa. Perlu anda ketahui, memakai make up kadaluarsa itu berbahaya. Jadi buang make up jika sudah melewati tanggal kadaluarsa.

Jika anda lupa tanggal kadaluarsa dari make up yang anda pakai atau tanggal kadaluarsa di make up anda terhapus, tenang saja anda masih bisa mengetahui apakah make up anda sudah kadaluarsa atau belum. Berikut ciri-cirinya agar anda tahu make up tersebut sudah kadaluarsa berdasarkan jenis make upnya:

  • Eyeliner. Jika anda sering menggunakan eyeliner, and bisa mengetahui eyeliner tersebut sudah kadaluarsa atau belum dengan munculnya tanda titik-titik putih pada enyeliner bentuk pensil. Jika yang anda gunakan eyeliner cair biasanya akan berbau tak sedap dan terpisah.
  • Lipstik. Pada lipstik kadaluarsa akan terjadi perubahan aroma dan tekstur serta susah untuk diaplikasikan pada bibir anda.
  • Foundation. Seperti halnya lipstik, foundation yang kadaluarsa juga akan mengalami perubahan tektur, warna dan juga bau yang tidak sedap. Produk foundation biasanya hanya bertahan selama enam bulan dari pertama kali anda membuka kemasannya.
  • Bedak. Bedak menjadi salah satu make up yang wajib dimiliki sebab dengan bedak wajah akan terlihat fresh. Namun perhatikan juga penggunaannya. Bedak yang kadaluarsa akan berubah teksturnya dan bau juga berubah.
  • Maskara. Maskara memiliki ketahanan selama dua sampai tiga bulan. Jika maskara anda sudah berubah tekstur dan muncul aroma tak sedap maka sudah kadaluarsa.
  • Eyeshadow. Ciri-ciri eyeshadow yang telah kadaluarsa adalah memiliki bau yang tidak sedap dan juga terjadi perubahan warna dari warna aslinya.

Bahaya Make Up Kadaluarsa

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa make up kadaluarsa yang terus digunakan maka akan berbahaya untuk manusia. Bahaya dari make up kadaluarsa yang dapat terjadi meliputi:

  1. Konjugtivitis adalah peradangan pada selaput bening pada bagian depan mata. Peradangan ini biasanya disebabkan dari jenis make up yang digunakan di area mata.
  2. Pada jenis make up daerah bibir biasanya akan memunculkan bahaya seperti yang paling ringan adalah bibir kering dan bahaya adalah terjadi iritasi dan kulit bibir melepuh.
  3. Make up kadaluarsa jenis lainnya seperti bedak, foundation dan blush on dapat menyebabkan gatal, kemerahan yang juga menjadi indikasi awal dari kanker kulit. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here