Mengenal Ciri- ciri Kepribadian Remaja Introvert

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam dunia psikologis dikenal tiga kepribadian yaitu ekstrovert, ambivert dan introvert. Ekstrovert dikenal dengan sifatnya yang ceria, lebih terbuka dan mudah berkomunikasi. Introvert biasanya lebih tertutup dan penyendiri. Sedangkan kepribadian ambivert adalah gabungan antara keduanya.

Apabila ekstrovert dipengaruhi oleh dunia objektif yang memiliki orientasi keluar, namun introvert lebih dipengaruhi oleh dunia subjektif atau memiliki orientasi ke dalam.

Apa sajakah ciri- ciri dari kepribadian introvert? Simak ulasannya berikut ini.

  • Lebih betah jika berada di dalam rumah. Seorang dengan kepribadian introvert lebih nyaman berada di rumah mereka. Dengan berada di rumah, mereka merasa bisa menjadi diri mereka sendiri dan tidak harus bertemu dengan dunia luar. Karena itu, orang introvert sering juga disebut sebagai orang rumahan. Berbagai kegiatan yang dianggap orang lain sebagai suatu yang membosankan karena berada di dalam rumah terus menjadi satu aktifitas yang menyenangkan bagi orang introvert. Dengan di rumah saja, mereka merasa sudah bisa melakukan segala aktifitas yang menyenangkan seperti membaca buku favorit, menonton TV dan lain sebagainya.
  • Menyukai kesendirian dan ketenangan. Seorang dengan kepribadian introvert biasanya menghindari untuk berada pada keramaian. Suasana yang ramai dengan banyak orang yang belum dikenal bisa membuat seorang introvert merasa terjebak dan terkuras energinya.

Sebuah kegiatan yang bagi orang ekstrovert seperti mendatangi suatu konser bisa menjadi tantangan yang berat bagi introvert. Bertemu dengan orang baru membuat introvert merasakan canggung, namun bukan berarti Anda tidak bisa bersahabat dan menjalin hubungan dengan introvert. Malah jika mereka sudah menemukan orang yang bisa dipercaya, hubungan akan terjalin dalam waktu yang lama.

  • Tidak terlalu suka mengangkat telfon. Bukannya tidak menghargai si penelefon, namun terkadang orang introvert merasa bingung tentang apa yang harus dibicarakan saat telfon. Namun, jika merasa telah siap, mungkin mereka akan menghubungi Anda terlebih dahulu.
  • Perencana yang baik. Seorang introvert biasanya menjadi seorang perencana yang baik. Sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu, mereka akan merasa nyaman jika terlebih dahulu telah mempunyai rencana yang matang dan mendetail.
  • Tidak memerlukan teman dalam jumlah yang banyak. Jika bagi orang ekstrovert, suatu hal yang menyenangkan untuk menjalin pertemanan dengan setiap orang, maka seorang introvert lebih memilih sedikit teman namun sangat dekat.

Berikut di atas adalah beberapa ciri kepribadian orang introvert. Tidak salah untuk menjadi seorang yang introvert selama hal tersebut tidak disebabkan oleh adanya kejadian buruk yang menimpa seseorang sehingga menyebabkan kepribadiannya berubah menjadi introvert, seperti bullying.

Seorang remaja yang memiliki kepribadian introvert tidak perlu merasa ada yang salah dengan dirinya, karena banyak juga orang introvert yang memiliki karir serta sumbangsih berharga bagi sekitarnya. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here