Mengenal dan Mengatasi Baby Blues Syndrome

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Baby Blues Syindrome atau Postpartum Distress Syndrome merupakan perasaan sedih ibu setelah mengalami persalinan. Perasaan ini muncul setelah 14 hari pertama pasca melahirkan. Tapi jika kondisi ini terjadi setelah 2 minggu, maka disarankan ibu mulai konsultasi dokter karena di khawatirkan mengalami Postpartum Depression.

Mengenali Baby Blues Syndrome

Baby blues ialah perasaan wanita pasca melahirkan yang sangat normal dan hanya berlangsung hingga dua minggu setelah persalinan. Kondisi ini biasa terjadi karena adanya penyesuaian diri dengan posisi barunya.

Faktor penyebab terjadinya baby blues syndrome ialah adanya kebingungan ketika mendapati adanya tangisan bayi, rasa nyeri ktika memberi ASI, atau terganggu waktu tidur yang menjadi tidak normal. Baby blues bisa terjadi oleh karena hal-hal sebagai berikut:

  • Perubahan Hormonal

Ibu yang sudah melahirkan seorang bayi biasanya mengalami penurunan estrogen dan progesteron secara drastic yang biasa dihasilkan oleh kelenjar tiroid sehingga lebih mudah lelah, mood berkurang, dan rasa tertekan.

  • Perubahan Fisik

Perubahan fisik biasa terjadi oleh ibu pasca melahirkan karena sudah banyak menguras energi sehingga waktu istirahat menjadi semakin berkurang. Perubahan fisik yang sudah pasti berubah ialah terjadinya payudara membengkak, nyeri di area Rahim, dan lain sebagainya.

  • Perubahan Psikis

Rasa cemas dan khawatir dalam mengatasi dalam mengasuh anak-anaknya yang baru dilahirkan. Rasa tidak percaya diri karena merasa kurang diperhatikan, sehingga muncul rasa depresi pasca melahirkan.

  • Perubahan Sosial

Adanya perbedaan gaya hidup karena berubahnya peran menjadi seorang ibu karena membutuhkan adaptasi. Bahkan banyak kegiatan yang harus dihindari karena adanya perbedaan kegiatan social sebelum dan setelah melahirkan.

Mengatasi Baby Blues Syndrome

Baby blues seringkali membuat para ibu mengalami kesedihan mendalam sehingga butuh cara untuk mengatasinya sebagai berikut:

  1. Rajin berdoa dan beribadah sesuai dengan agama masing-masing sebagai wujud kasih sayang ibu kepada anak-anaknya.
  2. Menanamkan sikap mau belajar dan ikhlas memiliki status baru sebagai ibu yang siap sedia merawat, mengurus, dan membesarkan anak-anaknya.
  3. Memiliki ketenangan dalam diri untuk mengasuh anak kandungnya sendiri sehingga tertanamkan sikap bahagia dan ikatan batin yang kuat dengan anaknya.
  4. Istirahat dan tidur secara berkala ketika bayi juga tidur sehingga tenaga dan psikis yang dirasakan ibu bisa lebih kuat dan tenaga pun juga semakin kuat.
  5. Bilang secara jujur dengan mengomunikasikan perasaan kepada suami, saudara, dan teman yang sedang dekat.
  6. Biarkan Anda memiliki “me time” paling tidak selama 15 menit sehingga aktivitas bisa dijalani dengan perasaan bahagia.

Demikian informasi mengenai mengenal dan mengatasi baby blues syndrome. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here