Mengenal Gangguan Nomophobia dan Ciri-cirinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di era yang sungguh modern ini, semua hal hampir dilakukan dengan teknologi. Salah satu teknologi yang tidak pernah lepas dari tangan kita adalah handphone atau ponsel. Ponsel sangat lekat dengan anda karena dengan teknologi yang satu ini, anda bisa melakukan banyak hal mulai dari mempermudah anda menyampaikan pesan atau informasi dan bahkan sekarang belanja atau melakukan transaksi uang juga bisa dilakukan di ponsel pintar anda.

Karena  menjadi benda yang multifungsi maka banyak sekali orang yang tidak bisa jauh dari ponsel. Jika anda termasuk dalam orang yang tidak bisa sedetikpun jauh dari ponsel, maka anda perlu berhati-hati karena bisa jadi anda mengalami nomophobia. Apa itu nomophobia? Apakah anda pernah mendengarnya?

Nomophobia adalah keadaan dimana seseorang tidak bisa melewatkan hari tanpa mengenggam poselnya atau bahkan bisa merasa ketakutan jika tidak mengenggam atau menggunakan ponselnya. Bahkan pada tahun 2008 ada survey yang membuktikan bahwa 53% pengguna ponsel merasakan ketakutan saat jauh dari ponselnya.

Ketakutan tersebut meliputi takut kehilangan ponselnya, takut kehilangan panggilan masuk, tidak menemukan sinyal, dan baterai ponsel habis. Nomophobia memiliki kepanjangan yaitu no mobile phone phobia. Ada beberapa hal yang menandakan seseorang terkena nomophobia, antara lain:

  1. Terlihat cemas

Ciri paling jelas pada orang dengan nomophobia yaitu ia akan merasa cemas atau panik yang mana merupakan ekspresi yang terlihat saat orang merasa takut. Rasa cemas ini bisa terjadi jika baterai di ponselnya akan segera habis.

  1. Ponsel menyala sepanjang hari

Karena takut kehilangan setiap momen atau notifikasi seperti panggilan atau pesan di ponselnya, maka seorang nomophobia akan berusaha terus menyalakan ponselnya sepanjang hari sehingga tidak akan melewatkan notifikasi di ponselnya. Tak hanya menyalakannya, mereka juga akan mengecek ponsel setiap saat, misalnya ditengah rapat pekerjaannya mereka juga tetap memberanikan diri mengecek ponsel meski seharusnya tidak dilakukan.

  1. Ponsel dibawa kemanapun mereka pergi

Bagi nomophobia mengenggam ponselnya kemanapun itu penting, bahkan ke toilet ponsel juga akan dibawa karena tak bisa jauh dari ponselnya. Karena selalu dibawa kemana saja maka mereka akan selalu mengisi baterai ponsel agar tidak tiba-tiba mati dan terus menyala.

Dari ciri-ciri di atas memang banyak yang tidak jauh dari perilaku yang kita lakukan sehari-hari. Agar tidak semakin memburuk hingga terjadi nomophobia, anda perlu melakukan beberapa hal untuk mencegah atau mengatasi nomophobia seperti:

  • Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat
  • Mengobrol dengan orang sekitar agar tidak terlalu fokus dengan ponsel
  • Mematikan ponsel saat jam kerja atau saat jam sekolah (DKA)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here