Mengenal Gerakan Pijat Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pijat bayi adalah suatu tindakan terapi yang dilakukan pada bayi dengan melakukan sentuhan dibagian tubuh tertentu pada bayi. Di Indonesia terapi ini salah satu bentuk terapi tertua dan terpopuler yang dikenal manusia. Tindakan ini hampir dilakukan diseluruh dunia termasuk Indonesia. Yang di maksud bayi yaitu seorang anak yang berusia 1-12 bulan.

Sedangkan anak yang berusia 0-28 hari (1 bulan) di sebut dengan neonatal. Pijat bayi pada umumnya sering dilakukan oleh dukun bayi atau tenaga kesehatan yang telah terlatih. Padahal apabila pijat bayi dilakukan oleh orangtuanya sendiri akan membawa manfaat yang lebih baik karena sentuhan dan pandangan mata antara kedua orangtua dan bayi dapat memberikan kekuatan jalinan kasih sayang diantara keduanya.

Hal tersebut merupakan suatu dasar komunikasi untuk membangun cinta secara timbal balik, meningkatkan kemampuan fisik, dan mengurangi kecemasan. Pijat bayi memiliki manfaat seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menaikan berat badan dan lain-lain. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal anda harus memahami teknik dan rambu-rambu yang harus diperhatikan.

Dimana apabila melakukan pada bayi 0-1 bulan pemijatan harus dilakukan secara halus (bagian pusar jangan dipijat jika belum lepas), bayi 1-3 bulan pijatan dilakukan secara halus dengan tekanan ringan dan bayi >3 bulan dilakukan dengan pijatan dan tekanan yang lebih meningkat. Sebaiknya seluruh gerakan dilakukan selama 15 menit. Secara umum pemijatan sebaiknya dimulai dari kaki bayi. Berikut ini beberapa tindakan gerakan pijat bayi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Persiapan

Persiapan yang perlu anda lakukan yaitu alat dan bahan seperti baby oil, minyak telon, baby lotion, handuk dan kain lembut. Setelah itu lakukan pemijatan dengan cara lembut dan halus.

  1. Memijat wajah

Pijat bagian tengah kening mengarah ke pelipis dan pipi, setelah itu pijat alis dengan ibu jari, kemudian berikan pemijatan dibagian hidung mengarah ke pipi. Selain itu pijat rahang bawah bayi.

  1. Memijat dada

Lakukan gerakan ke atas dibagian dada dengan membentuk simbol hati dan lakukan pemijatan di tengah dada dengan arah menyilang dari telapak tangan ke arah bahu.

  1. Perut
  • Lakuakn pemijatan diatas tulang rusuk atau ulu hati dengan gerakan I Love U
  • Angkat kedua lutut secara perlahan ke arah perut.
  • Rasakan gelembung angin diperut dan dorong dengan jari searah jarum jam.

5. Tangan bayi

  • Pijat mulai dari bahu hingga pergelangan tangan dengan cara memilin dan lakukan sebaliknya.
  • Menarik jari dengan lembut.
  • Memijat telapak tangan dengan ibu jari.
  • Lakukan pemijatan dari tangan ke bahu dengan gerakan seperti menggulung.

6. Kaki bayi

Pijat kaki bayi dengan gerakan memilin dari arah paha menuju pergelangan dan lakukan sebaliknya, tarik jari-jari kaki bayi dengan lembut, pijat telapak dan pijat tangan ke arah paha dengan gerakan menggulung.

  1. Punggung
  • Letakan bayi dalam kondisi tengkurap.
  • Pijat punggung dengan kedua tangan dengan gerakan maju mundur.
  • Lakukan pemijatan dari leher ke arah pantat dengan gerakan meluncur.
  • Buat gerakan melingkar dengan jari pada otot disamping tulang punggung.
  • Usapkan telapak tangan dari bawah leher sampai ke bawah. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here