Mengenal Jenis-jenis Teh Hitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Teh hitam adalah salah satu jenis teh yang banyak digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Tak heran jika produksi teh hitam saat ini sedang naik seiring dengan permintaan konsumen di seluruh dunia, Indonesia sendiri termasuk negara pengekspor teh hitam ke bebeberapa negara. Untuk menikmati teh hitam bisa hanya diseduh dengan air panas atau dinikmati dengan campuran bahan lain. Tiap negara di belahan bumi ini memiliki cara-cara yang berbeda dalam menikmati teh.

Di negara Indonesia, teh hitam biasanya dinikmati saat ada jamuan khusus, ada juga yang rutin mengonsumsinya sehari-hari. Lain halnya dengan orang-orang Barat, mereka memiliki tradisi untuk meminum teh di kala siang hari atau disebut dengan afternoon tea atau ada juga yang mengonsumsi hanya di pagi hari. Negara-negara Barat biasanya mengkombinasikan teh hitam dengan beberapa bahan tertentu untuk menambah kenikmatan rasanya. Apa saja jenis-jenis teh hitam yang ada di dunia ini ? Berikut adalah jenis-jenis teh hitam.

  1. Earl Grey

Earl grey merupakan jenis teh hitam yang paling terkenal. Teh hitam dikombinasikan dengan jeruk bergamot dan lemon memiliki aroma yang segar sehingga dapat membangkitkan mood dan memiliki efek menenangkan. Perpaduan teh hitam, lemon, dan bergamot menimbulkan rasa yang unik. Tidak heran teh jenis ini sudah digemari oleh para raja di kerajaan kuno. Dahulu, earl grey hanya bisa dinikmati para bangsawan dari kerajaan Inggris karena selain rasanya yang unik juga sulit untuk mendapatkannya. Teh jenis ini biasanya dinikmati saat pagi atau siang hari.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa earl grey mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu, teh ini dipercaya mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

  1. Assam

Teh hitam yang satu ini berasal dari pegunungan Assam, India. Assam biasanya dikombinasikan dengan susu dan gula, sehingga rasanya manis dan memiliki aroma malt. Assam juga bisa dikombinasikan dengan teh jenis lain karena memiliki cita rasa yang kuat. Teh jenis ini cocok dinikmati dengan kudapan manis pada saat siang hari.

  1. Darjeeling

Negara India ternyata memiliki jenis teh hitam lain yang terkenal, yakni teh Darjeeling. Nama teh hitam ini cukup unik karena menyesuaikan dengan daerah asalnya, yakni Darjeeling. Teh Darjeeling adalah jenis teh hitam yang memiliki kualitas tinggi sehingga dijuluki The Champagne of Teas. Air seduhan teh ini memiliki aroma yang sangat harum, untuk menikmatinya tidak perlu menambahkan gula dan susu. Teh Darjeeling juga digemari di negara-negara Eropa terutama Inggris.

  1. English Breakfast Tea

Teh hitam yang biasa dinikmati untuk menemani sarapan ini sebenarnya merupakan kombinasi dari teh Assam dan ceylon. Aroma teh ini wangi dan megandung sejumlah mineral yang diperlukan oleh tubuh. Rasa teh ini sedikit pahit hampir sama dengan teh tubruk. Apabila diseduh, teh ini berwarna cokelat pekat. Untuk menikmatinya bisa ditambahkan dengan susu cair dan madu atau gula. Pada jaman penjajahan Inggris ke negara India, para koloni dari Inggris mengambil rempah termasuk teh jenis Assam dan membawanya ke Inggris. Sehingga, Inggris adalah negara dengan jumlah masyarakat yang banyak menggemari teh. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here