Mengenal Jenis Kurma dan Daerah Asalnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kurma merupakan salah satu jenis buah yang sangat terkenal ketika bulan Ramadan tiba. Bukan tanpa sebab, kurma menjadi naik daun ketika bulan puasa karena sunnah dari Rasulullah untuk menjadikan kurma sebagai menu berbuka puasa.

Manis alami yang terkandung dalam buah kurma mampu mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Selain itu, buah kurma juga memiliki banyak lain manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Taukah Anda? Kurma yang beredar di pasaran tidaklah sama? Berikut merupakan beberapa jenis kurma yang harus Anda ketahui :

  1. Kurma palmfruit

Jenis kurma ini merupakan salah satu kurma yang banyak dijual di wilayah Indonesia. Kurma palmfruit memiliki ciri warna merah kecoklatan, berbantu lonjong, memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang manis. Kurma jenis ini berasal dari Tursina.

  1. Kurma zaghloul

Kurma ini pertama kali ditemukan tumbuh di daratan Mesir. Kurma ini memiliki kandungan gula yang cukup banyak dan memiliki harga yang lebih mahal. Harga mahal dari kurma jenis ini karena keunikan bentuknya yang menyerupai buah melinjo dan rasanya yang sangat manis.

  1. Kurma saghai

Kurma jenis saghai banyak ditemukan dan dibudidayakan di ibukota Arab Saudi, Riyadh. Kurma saghai memiliki warna kecoklatan dengan kuning dibagian ujungnya dan tekstur kulit yang agak keriput tapi tidak sampai menyebabkan kulit kurma terkelupas.

  1. Kurma ajwah

Kurma yang banyak tumbuh di daerah Arab Saudi dan kota Madinah ini mendapat urutan paling tinggi dari segi harga. Mahalnya kurma aja ajwah karena kurma ini memiliki julukan “Kurma Nabi”. Karena, dipercaya kurma jenis ini adalah kurma yang paling sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma Nabi ini memiliki warna yang cenderung hitam, ukuran yang lebih kecil, dan rasa dari kurma ajwah juga tidak terlalu manis.

  1. Kurma mozafati

Bagi Anda pencinta kurma yang ingin merasakan kurma dengan jenis ini, Anda harus pergi ke tempat asal kurma ini, Iran. Karena kurma ini hanya mampu bertahan di daerah asalnya saja. Dengan tekstur yang lembut dan ukuran yang tidak terlalu besar, kurma ini sebenarnya sangat cocok untuk dijadikan menu takjil.

  1. Kurma safawi

Kurma yang tumbuh di kota Madinah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh dengan vitamin yang dikandungnya, salah satunya sebagai obat cacingan. Kurma ini mampu membunuh cacing-cacing di dalam perut manusia. Kurma jenis safawi memiliki daging yang tebal.

  1. Kurma thoory

Banyak tumbuh di negara bagian Aljazair, kurma thoory memiliki warna coklat kemerahan. Uniknya, apabila kurma ini diawetkan, maka kurma ini akan berubah warna menjadi kebiru-biruan dan tekstur kulit yang menjadi keriput.

Mengenali jenis kurma dan tempat asal tumbuhnya bisa menambah wawasan Anda tentang jenis kurma apa yang akan Anda pilih sebagai menu takjil. Selamat berburu kurma.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here