Mengenal Jenis Makanan Chia Seeds yang Kaya Akan Manfaat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Chia seeds adalah jenis makanan yang terbuat dari biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Biasanya tumbuhan ini terdapat di negara Meksiko dan negara Amerika Selatan. Di negara Indonesia chia seeds merupakan makanan yang jarang diketahui oleh masyarakatnya.

Namun saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui chia seeds karena memiliki banyak manfaat dan mudah didapatkan di supermarket. Saat ini chia seeds salah satu jenis makanan organik yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Chia seeds memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Selain itu jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi serta kandungan nutrisi lainnya. Secara umum chia seeds mengandung kalsium sekitar 18%, mangan 30%, fosfor 27%. Protein 27 gram, karbohidrat 12 gram, lemak 8,6 gram dan 137 kalori.

Selain itu chia seeds memiliki kandungan tembaga, kalium dan zink. Semua kandungan nutrisi yang terdapat di dalam chia seed memiliki manfaat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat yang di peroleh dari chia seed, antara lain :

  1. Menjaga kesehatan kulit

Sebuah penelitian yang dilakukan di Meksiko menunjukan bahwa chia seeds memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sekitar 70%. Selain itu kandungan antioksidan ini dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan mempercepat regenerasi kulit.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Dalam 100 0ns chia seed mengandung sekitar 34,4 gram serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh American Dietetic Association menyatakan bahwa jika anda mengkonsumsi 100 gram chia seeds mampu memenuhi kebutuhan serat harian anda. Hal ini tentunya dapat meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan.

  1. Menurunkan berat badan

Selain mengandung serat yang cukup tinggi chia seeds dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan karena makanan ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Kandungan omega-3 dan alpha-linoleic dalam chia seeds dapat menurunkan berat badan anda. Makanan ini cocok digunakan bagi anda yang sedang melakukan program diet.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan omega-3 di dalam chia seeds dapat menjaga kesehatan jantung anda sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya hipertensi, stroke, penyakit kolesterol, serangan jantung, peradangan, dll.

  1. Menjaga kesehata tulang dan gigi

Chia seeds memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Selain itu chia seed memiliki kandungan magnesium, mangan dan fosfor.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Hasil penelitian menunjukan bahwa chia seeds dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2.

  1. Mengatasi divertikulosis

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa chia seed dapat mengobati masalah divertikulosis.

Chia seeds merupakan jenis makanan yang dianggap sebagai super food karena memiliki kandungan nutrisi yang baik dan kaya akan manfaat. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa chia seed dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran makan yang disebut dengan esofagus karena sifatnya yang mudah menyerap air. Sehingga anda harus tepat dalam mengolahnya. Chia seeds dapat mengembang hingga 27 kali lipat dibandingkan dengan awalnya. Sehingga pada saat mengkonsumsinya anda disarankan mengkonsumsi bersama makan atau cairan lain. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here