Mengenal Jenis Perawatan Kulit yang Populer Di Indonesia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim trofis dimana hanya ada pusim panas dan musim hujan. Pada saat musim panas teriknya sinar matahari yang memancarkan sinar ultraviolet menyebabkan kulit kusam, kering dan berbagai masalah kulit lainnya.

Sehingga tidak heran banyak orang yang senantiasa menjaga kesehatan kulit dengan melakukan berbagai macam perawatan yang cukup populer di Indonesia. Tentunya hal ini sangat identik dengan kaum wanita yang selalu ingin terlihat cantik di setiap aktivitasnya.

Bentuk perawatan kulit memiliki banyak jenisnya. Setiap orang memilih jenis perawatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhannya dan atas arahan dari dokter kulit yang dipilih. Berikut ini beberapa jenis perawatan dokter kulit yang populer di Indonesia, antara lain:

  1. Chemical peeling

Chemical peeling merupakan suatu jenis perawatan kulit yang dilakukan menggunakan mengoleskan cairan kimia yang disebut asam glikolat atau asam trikloroasetat pada kulit. Manfaat dari perawatan ini yaitu mengangkat sel kulit mati dan digantikan dengan sel kulit yang baru sehingga dapat mengatasi masalah kulit kusam, berjerawat, bekas luka, keriput dan kerutan.

  1. Microneedling

Microneeding atau yang disebut collagen induction theraphy termasuk salah satu jenis perawatan kulit yang populer di Indonesia bertujuan untuk mengatasi bekas jerawat, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi kadar minyak dan memperbaiki tekstur kulit dengan merangsang produksi kolagen dalam kulit.

  1. Laser

Laser di Indonesia merupakan suatu istilah yang tidak asing dalam perawatan kulit. Manfaat dari perawatan ini yaitu meremajakan kulit, mengatasi jerawat, menghilangkan flek hitam, menghilangkan tato atau tanda lahir, mengurangi keriput, mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Tujuan dari metode laser yaitu mengangkat sel kulit mati menggunakan sinar.

  1. Filler wajah

Filler wajah merupakan suatu perawatan kulit yang dilakukan dengan menyuntikan cairan kimia yang disebut dengan asam hialuronat ke bagian tertentu. Pada umumnya tindakan ini dilakukan dibagian wajah yang mengalami kekosongan seperti pipi, pelipis, kantong mata atau area tertentu yang bertujuan untuk dipertegas atau di tonjolkan. Prosedur ini memiliki efek samping seperti kerusakan jaringan kulit dan sumbatan pada pembuluh darah yang akan berujung kepada kematian jaringan kulit.

  1. Botox

Perawatan yang cukup populer di Indonesia dan tidak hanya digemari kaum wanita, akan tetapi digemari oleh pria juga yaitu jenis perawatan kulit yang disebut dengan botox. Tujuan dilakukannya botox yaitu mengatasi dan mencegah terjadinya kerutan. Selain itu jenis perawatan ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan yaitu migrain kronis, hyperhidrosis, mata kedutan dan mata juling.

  1. Suntik vitamin C

Perawatan yang populer di Indonesia yaitu dengan melakukan suntikan vitamin C ke dalam tubuh yang berfungsi untuk mencerahkan kulit agar terlihat lebih putih. Prosedur ini telah terbukti memiliki efek samping yaitu penyakit ginjal, kinerja hati yang lebih berat dan alergi.

  1. Platelet Rich Plasma (PRP)

PRP merupakan suatu jenis perawatan kulit yang cukup populer di Indonesia. Prosedur tindakan tersebut yaitu menggunakan teknik dimana plasma darah yang diperkaya dengan trombosit diambil dari tubuh seseorang. Tujuan dari perawatan jenis ini yaitu mengatasi masalah kulit keriput. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here