Mengenal Karotenoid

SehatFresh.com – Jika menghindari penyakit telah menjadi fokus kesehatan, makanan yang kaya karotenoid dapat membei manfaat tersebut. Karotenoid termasuk ke dalam senyawa tanaman yang memberi manfaat untuk kesehatan (fitonutrien). Kelompok fitokimia yang disebut karotenoid mengandung lebih dari 700 pigmen nabati yang bertanggung jawab untuk warna kuning, oranye atau merah pada banyak buah dan sayuran. Meskipun karotenoid yang berbeda memainkan peran yang berbeda dalam menjaga kesehatan, karotenoid bekerja sama untuk mengurangi risiko penyakit.

  • Karotenoid provitamin A

Tiga karotenoid, yaitu alpha-karoten, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin, disebut karotenoid provitamin A karena tubuh dapat mengkonversinya menjadi vitamin A guna menyediakan pasokan vitamin ketika tubuh membutuhkannya. Seperti telah diketahui, vitamin A berperan dalam fungsi mata yang sehat. Vitamin A juga membantu menjaga tulang tetap sehat dan penting untuk produksi sel-sel baru untuk menggantikan sel yang telah usang. Selain sebagai prekursor vitamin A, karotenoid ini juga merupakan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko kanker.

Salah satu karotenoid utama yang ditemukan dalam makanan sehat adalah beta-karoten. Selama proses pencernaan, tubuh secara kimia mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin A yang berasal dari beta-karoten membuat kulit dan rambut tetap sehat, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan memelihara sistem visual.

  • Likopen

Likopen merupakan karotenoid yang ditemukan di beberapa makanan berwarna merah dan merah muda. Memiliki sifat antioksidan kuat, likopen bermanfaat untuk melindungi sel-sel dan jaringan dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Paparan radikal bebas menyebabkan mutasi genetik yang bisa memicu perkembangan kanker. Menurut Linus Pauling Institute, orang dengan asupan likopen lebih tinggi kecil kemungkinannya mengembangkan kanker paru-paru, dan laki-laki yang mengonsumsi likopen dari tomat juga dinilai berisiko lebih rendah terhadap kanker prostat.

  • Lutein dan zeaxanthin

Karotenoid yang disebut lutein dan zeaxanthin bermanfaat untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin membantu menjaga fungsi retina dengan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Karotenoid ini juga menyaring cahaya yang masuk ke mata sehingga mencegah terjadinya kerusakan mata akibat paparan cahaya berlebih.

Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah merupakan sumber makanan yang mengandung karotenoid. Wortel dan labu merupakan sumber beta-karoten yang baik, begitu juga dengan ubi jalar dan belewah. Tomat dan semangka adalah sumber likopen. Brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin. Sayuran hijau gelap seperti bayam, sawi dan kale merupakan sayuran yang kaya akan karotenoid karena mengandung beta-karoten, lutein dan zeaxanthin.

Sumber gambar : www.diyetsediyet.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY