Mengenal Kelainan Tali Pusat dan Jenis Kelainan Tali Pusat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa kehamilan merupakan masa yang ditungggu dalam hadirnya buah hati. Selama masa kehamilan, calon ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan. Mulai dari asupan nutrisi hingga aktivitas fisik dan pemeriksaan yang dilakukan.

Pada masa kehamilan, Ibu hamil seringkali jarang memikirkan kondisi tali pusat. Sebagai Ibu hamil juga harus tahu seberapa jauh pengetahuan mengenai tali pusat dan jenis kelainan yang dapat terjadi. Kelainan tali pusat biasanya dapat diketahui ketika anda telah melakukan pemeriksaan USG pada usia kandungan tertentu.

Tali pusat merupakan penghubung antara janin dengan plasenta sehingga janin bisa mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen untuk bernafas. Tentunya akan sangat berbahaya jika adanya kelainan pada tali pusat. Hal ini dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan janin hingga dapat menimbulkan kematian.

Kondisi yang harus anda waspadai adalah ketika berkurangnya gerakan janin yang dirasakan. Gerakan janin yang tidak lagi aktif dapat menandakan adanya masalah pada tali pusat. Berikut beberapa kelainan tali pusat yang harus anda ketahui.

  1. Kelainan ukuran tali pusat

Rata-rata panjang dari tali pusat adalah 50-80 cm dengan diameter antara 1-2 cm. Kelaianan pada ukuran tali pusat biasanya karena lebih panjang dari 50 cm atau panjang tali pusat kurang dari 50 cm. Pada kasus tali pusat yang terlalu panjag ini dapat menyebabkan melilit pada leher janin. sedangkan pada tali pusat yang pendek dapat menyebabkan janin sulit lahir.

  1. Kelainan pembuluh

Kelainan ini dapat disebut dengan single umbilikal dimana hanya memiliki 1 arteri dan 1 vena. Kelainan ini dapat terdeteksi melalui USG pada usia kehamilan 16 minggu.

  1. Tali pusat terpelintir

Tali pusat dapat terpelintir karena janin dalam kandungan terlalu banyak bergerak. Tali pusat yang terpelintir dapat menyebabkan aliran darah terjepit, sehingga dapat menyebabkan kematian janin.

  1. Tumor

Tumor pada tali pusat dapat menjadi tanda adanya kelainan pada janin. tumor pada talli pusat ini dapat menyebabkan pembuluh darah janin terdesak. Namun, tidak ada tidakan dokter yang dapat menangani tumor tali pusat ini.

  1. Terpilin

Kondisi ini dapat diketahui dengan pemeriksaan USG. Jika janin bergerak memanjang, maka vena akan terjepit dan aliran oksigen bagi ibu dan janinnya.

  1. Fetal homicide

Kelainan ini disebabkan oleh tali pusat yang tersentuh tangan janin dan langsung di genggamnya. Hal ini dapat menyebabkan laju oksigen dan nutrisi ke tubuh janin terhambat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here