Mengenal Latihan Dasar Kepemimpinan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah kepemimpinan muncul pada abad ke 18. Defisini kepemimpinan adalah sikap pribadi yang memimpin suatu pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan pengertian pemimpin yaitu seseorang yang aktif menyusun rencana, mengkoordinir, melakukan percobaan dan memimpin suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan bersama.

Dalam kepemimpinan perlu melakukan beberapa pendekatan diantaranya yaitu pendekatan emosional dan pendekatan kelompok. Kepemimpinan memiliki fungsi dalam organisasi yaitu fungsi administrator dan fungsi manager. Kepemimpinan dalam perubahan sosial meliputi perubahan nilai sosial, norma sosial, pola perilaku organisasi, susunan lembaga masayarakat dan lain sebagai.

Sedangkan efektifitas kepemimpinan meliputi ketajaman penglihatan sosial, kemampuan berfikir abstrak dan keseimbangan emosional. Di dalam kepemimpinan memiliki berbagai maca jenis, diantaranya sebagai berikut :

  1. Kepemimpinan tradisional

Secara harfiah kepemimpinan tradisional yaitu suatu bentuk kepemimpinan yang lahir di kalangan masyarakat primitif.

  1. Kepemimpinan kharismatik

Jenis kepemimpinan ini biasanya akan ditandai dengan indikator yang sangat besar terhadap pengaruh sang pemimpim terhadap para pengikutnya.

  1. Kepemimpinan rasional

Jenis kepemimpinan ini akan berlangsung efektif apabila seorang pemimpinya dapat di terima oleh anggotanya, sehingga di dalam kepemimpinan ini diperlukan nilai rasionalitas yang secara timbal balik dapat di akui dan dibenarkan.

  1. Kepemimpinan otoriter

Jenis kepemimpinan otoriter dapat disebut pula dengan bentuk kepemimpinan otokratis dimana seoang pemimpin hanya akan mengutamakan kehendaknya sendiri.

  1. Kepemimpinan demokratis

Di Indonesia banyak sekali yang menggunakan jenis kepemimpinan ini karena semua keputusan akan dilakukan dengan cara musyawarah dan diskusi.

  1. Kepemimpinan kolektif

Jenis kepemimpinan kolektif merupakan jenis kepemimpinan yang tidak hanya dijalankan oleh kapasitas jabatan saja, akan tetapi dalam jenis kepemimpinan ini yang menonjol yaitu kebersamaan.

  1. Kepemimpinan tunggal

Jenis kepemimpinan tunggal jarang sekali di terapkan dalam organisasi atau suatu kelompok.

Berbicara mengenai latihan dasar kepemimpinan pada remaja merupakan suatu hal yang positif karena memiliki manfaat yang akan diperoleh oleh setiap individu yang mempelajarinya agar bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa tujuan dari latihan dasar kepemimpinan, antara lain :

  1. Upaya menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada remaja agar dapat menjadi seorang pemimpin bagi dirinya sendiri dan juga orang lain dalam kehidupan pribadi dan organisasi.
  2. Melatih keterampilan dan pengetahuan mengenai organisasi.
  3. Melatih rasa keberanian dan tanggungjawab para remaja yang mengikuti latihan dasar kepemimpinan.
  4. Mengasah kreatifitas, intelektual dan berfikir aktif.
  5. Melatih kemampuan dalam hubungan dan bekerjasama dengan orang lain.
  6. Melatih kemampuan berbicara atau kemampuan diri berbicara di depan publik atau retorika.

Mampu mencari solusi dan berfikir bijak dalam mengambil suatu keputusan dalam menyelesaikan suatu masalah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here