Mengenal Olahraga Yoga Khusus untuk Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang menjadikan yoga sebagai media relaksasi pikiran saat stres. Sebab yoga diyakini dapat memberikan energi positif untuk kehidupan dan bisa meningkatkan kualitas kesehatan. Walaupun olahraga ini terbuka untuk pria maupun wanita, mayoritas yoga diminati oleh wanita. Banyak pria yang ragu untuk mencobanya sebab merasa yoga merupakan olahraganya para wanita. Padahal menurut sejarah, yoga dikembangkan oleh seorang pria asal India. Prihatin dengan hal tersebut, seorang instruktur yoga dari Amerika Serikat Robert Sidoti, memancing lagi ketertarikan pria terhadap yoga dengan mengenalkan sebutan yoga khusus untuk pria yaitu Broga.

Seorang praktisi dan guru olahraga yoga, Devi Asmarani mengatakan di dalam buku karyanya “Yoga untuk Semua” bahwa para pria tak perlu lagi menolak untuk melakukan yoga sebab sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Dengan banyaknya para pria yang suka dengan olahraga angkat beban dan memiliki intensitas tinggi, yoga akan semakin dibutuhkan sebab peregangan dalam yoga sangatlah penting untuk memelihara otot supaya tidak memendek sebab berulang kali dipakai untuk angkat beban. Intinya yoga berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh kita, apapun jenis kelaminnya.

Austin juga telah menyebut istilah “broga” yang memiliki akar dari kata “brother” dan “yoga”. Dapat dikatakan ini adalah salah satu gaya baru untuk beryoga sebab digagas untuk mengajak lebih banyak pria untuk melakukan yoga. Dan uniknya lagi, kelas broga ini memang ditujukan hanya untuk para pria. Robert Sidotti yang juga turut mendirikan aliran broga ini berpendapat semakin banyak ditemui para pria pertengahan usia 30-an yang merasa kurang bugar namun enggan untuk mengikuti kelas yoga yang didominasi oleh para perempuan. Kondisi seperti ini yang melatarbelakangi munculnya broga, yang menurut Sidotti gerakannya sudah didesain secara khusus untuk badan para pria yang lebih suka untuk fokus pada kekuatan atau strength.

Dilansir dari Reuters Health, pada hari Rabu (29/4/2015), seperti halnya yoga, broga juga memiliki konsep dasar latihan gerak dan pernafasan. Latihan ini ternyata sudah ada sejak 30 abad yang lalu. Meskipun secara konsep adalah sama, olahraga Broga ini lebih mengedepankan fisik dan juga kekuatan dari pada spiritual dan kelenturan. Latihan ini dinilai akan lebih cocok untuk kaum pria yang pada umumnya malas berkonsentrasi merapalkan “mantra” atau risih apabila duduk bersila bersama dengan sekelompok kaum wanita di dalam kelas olahraga yoga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here