Mengenal Operasi Pasang Ring Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu solusi untuk menangani penyakit jantung koroner adalah dengan pemasangan ring jantung. Yang perlu diketahui, pasien dengan penyakit jantung koroner mengalami penyumbatan pada pembuluh darah arteri koroner. Hal itu terjadi karena kalsium yang mengendap serta penimbunan lemak jahat. Penyumbatan tersebut membuat asupan darah ke jantung menjadi tidak lancar padahal jantung membutuhkan darah dan oksigen agar dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

Tujuan dilakukan pemasangan ring jantung adalah untuk mengatasi penyumbatan sehingga membuat asupan darah ke jantung kembali lancar. Metode ini dilakukan dengan memasukkan selang kecil ke dalam tungkai atau lengan kemudian setelah selang pertama, terdapat selang kedua dengan ukuran yang lebih kecil dan terdapat balon dan ring jantung. Kemudian selang kedua dihubungkan dengan selang pertama. Selanjutnya ujung selang kedua diatur agar sampai pada bagian penyumbatan. Dengan begitu, balon di selang kedua bisa ditiupkan. Dengan peniupan balon akan membuat bagian yang tersumbat menjadi lebih lebar.

Sebelum pemasangan ring tersebut memang pasien berkonsultasi terlebih dahulu apakah metode inilah yang disarankan terkait dengan kondisi penyakit jantung pasien. Langkah konsultasi tersebut memang sudah seharusnya dilakukan mengingat risiko yang bisa dialami pasien. Walaupun pemasangan ring ini memang menjadi pilihan ketika penyakit jantung sudah sampai tahap kronis namun metode ini tidak dapat menjamin kelangsungan hidup pasien. Di samping itu, pasien juga harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk pemasangan ring. Bahkan bisa dibilang pemasangan ring tersebut cukup berbahaya karena dapat menimbulkan reaksi akibat bahan yang digunakan untuk pembuatan ring karena itu pemasangan ring ini harus dengan pertimbangan yang matang dan saran dari dokter.

Setelah dilakukan proses pemasangan ring jantung, dokter akan menyarankan gaya hidup sehat yang harus dijalani oleh pasien. Gaya hidup sehat tersebut berhubungan dengan asupan makanan serta olahraga. Pasien dengan penyakit jantung koroner memang tidak bisa sembarangan dalam memilih makanan. Mereka harus menghindari makanan dengan kolesterol dan lemak tinggi seperti daging kambing, daging sapi, jeroan dan lain sebagainya. Di samping itu, pasien juga harus menghindari makanan seperti telur burung puyuh, kuning telur, seafood, kulit ayam dan bebek. Beberapa makanan sehat yang disarankan adalah buah- buahan, minyak salmon, gandum, minyak zaitun dan sayuran.

Walaupun olahraga sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun pasien dengan penyakit jantung tidak diperkenankan mengikuti olahraga jenis tertentu yang dapat membahayakan kesehatan jantungnya. Untuk itu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai olahraga yang boleh atau tidak boleh dilakukan oleh pasien dengan penyakit jantung.

Untuk perawatan, pasien disarankan untuk tetap cek USG agar dapat mengetahui kondisi jantung setelah dilakukan pemasangan ring jantung. Dengan begitu akan segera dapat dilakukan penanganan apabila ditemukan masalah tertentu. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY