Mengenal Pantyliner dan Manfaatnya untuk Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah Anda mengetahui apa itu pantyliner? Pantyliner merupakan alat yang menyerupai pembalut hanya saja berukuran lebih kecil dan terbilang cukup efektif untuk membantu para wanita. Seperti halnya pembalut, pantyliner juga memiliki fungsi untuk menyerap cairan yang dikeluarkan oleh wanita dari alat reproduksi mereka, baik itu cairan saat menstruasi maupun hanya sekedar cairan tertentu. Penyebab wanita dapat mengeluarkan cairan tersebut yakni dipengaruhi oleh hormon.

Kaum wanita memiliki hormon estrogen dan progesteron untuk membantu proses reproduksi. Hormon-hormon tersebut juga yang dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang khas pada wanita yang seringkali dapat membuat mereka kewalahan untuk menghadapinya. Misalkan dengan munculnya keputihan di saat-saat tertentu yang dapat membuat wanita merasa tidak nyaman. Keputihan biasanya dapat meninggalkan bekas yang tidak sedap untuk dipandang di celana dalam. Ketidaknyamanan yang dirasakan wanita bisa diatasi dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan alat reproduksi setiap hari.

Untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan pada wanita, pantyliner bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasinya. Apa sajakah manfaat yang bisa kita rasakan saat menggunakan pantyliner ? berikut ini adalah beberapa manfaat yang harus kamu ketahui dari pantyliner.

  1. Menjaga Daerah Kewanitaan Tetap Kering

Karena daya serapnya yang tinggi terhadap cairan, maka manfaat utama yang kita dapatkan adalah terjaganya daerah kewanitaan agar tetap kering sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Pantyliner sangat cocok digunakan apabila Anda tengah mengalami keputihan, cairan keputihan dapat terserap dan daerah kewanitaan Anda tetap kering dan bersih. Anda tidak perlu repot-repot memakai pembalut yang ukurannya lebih besar.

  1. Mencegah Tumbuhnya Jamur

Apabila daerah kewanitaan Anda sering dibiarkan dalam kondisi lembab, maka bisa beresiko tumbuh jamur di sekitar daerah kewanitaan Anda dan menimbulkan gatal-gatal. Pantyliner bisa dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang beraktivitas seharian dan merasa selalu lembab di daerah kewanitaannya, sebab kagunaan alat ini yakni untuk menyerap cairan dan menjaga agar daerah kewanitaan tetap kering dan bersih sehingga terhindar dari jamur penyebab gatal-gatal.

  1. Mengantisipasi Datangnya Menstruasi

Sebagai wanita kita perlu berjaga-jaga saat mendekati hari-hari menjelang masa menstruasi, karena bisa saja kita berada di luar rumah dan saat itu juga secara tidak sadar adalah hari pertama menstruasi. Untuk menghindari hal-hal yang memalukan seperti tembus di celana, kita bisa menggunakan pantyliner untuk mengantisipasinya.

  1. Membantu Menyerap Flek

Flek atau noda yang biasa muncul adalah saat hari-hari terakhir menstruasi memang menggemaskan, kadang muncul kadang tidak. Jika kita memakai pembalut, terkadang tidak sesuai dengan harapan. Pantyliner bisa dipakai pada saat hari-hari terakhir menstruasi untuk menyerap cairan atau flek. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here