Mengenal Susu Whey Protein

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Oleh karena itu orang berusaha menjaga kesehatan diri salah satunya dengan cara berolahraga. Namun, ternyata berolahraga saja belum cukup untuk menjaga tubuh agar selalu sehat. Olahraga sebenarnya baik tapi akan maksimal dalam menjaga kesehatan tubuh jika didampingi dengan asupan nutrisi yang baik dan tepat.

Komponen nutrisi yang cukup penting contohnya yaitu protein. Jika anda bertanya protein apa yang baik dikonsumsi maka jenisnya banyak tapi berikut akan dijelaskan salah satu jenis protein yang perannya banyak pada tubuh manusia yaitu susu whey protein.

Susu whey protein merupakan jenis protein yang didapatkan dari susu sapi melalui proses penyaringan terlebih dahulu. Lalu dapat juga dipecah kembali menjadi partikel protein yang lebih kecil seperti laktoferin, imunoglobulin, lisozim, glikomaktropeptida dan lain sebagainya.

Pengertian lain menjelaskan bahwa whey protein adalah suatu produk yang dihasilkan dari proses pembuatan keju yang berasal dari susu sapi. Produk tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi dan asam amino yang lengkap sehingga optimal untuk membantu proses pembentukan otot.

Susu whey protein sekarang ini mudah di dapatkan dipasaran karena sudah banyak menjualnya. Selain mudah didapatkan, dengan adanya bermacam-macam jenis susu whey protein, anda bisa memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk mengetahui apa saja jenis susu whey protein, berikut beberapa jenis susu whey protein:

  1. Whey protein concentrate

Kandungan protein pada whey concentrate cukup tinggi yaitu antara 30-80%. Masih mengandung lemak dan lactose yang agak tinggi namun lebih rendah dari susu cair biasa.

  1. Whey protein isolate

Whey protein isolate ini memiliki nilai biological value yang lebih tinggi dari whey concentrate. Pengolahannya juga menggunakan teknologi microfiltrasi dan ion exchane, menghasilkan protein dari 80 sampai 90 persen, rendah lactose sekitar 0% dan lemak sebanyak 0.5% sampai 1%.

  1. Whey protein hydrolized

Ini merupakan jenis whey protein yang paling murni karena kandungan lemaknya bisa mencapai 0%. Whey protein juga memiliki kelebihan karena mengalami proses hidrolisisi yaitu penyederhanaan rantai-rantai asam amino sehingga lebih cepat diserap oleh tubuh.

Susu whey protein terkenal sebagai pembentuk otot yang maksimal tapi ternyata whey protein ini juga memiliki manfaat lain yang juga tak kalah dari efeknya yang dapat memaksimalkan pembentukan otot.

Dalam beberapa tahun ini, whey protein ditemukan beberapa manfaat lainnya bagi tubuh yaitu seperti memiliki potensi dalam mengurangi risiko kanker, melawan HIV, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan stress dan kortisol, meningkatkan fungsi liver, serta menyurutkan tekanan darah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here