Mengetahui Khasiat Jenis Sayuran Okra dan Tips Pengelolahannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Okra adalah jenis makanan yang menyerupai cabe dan rasa seperti terong. Okra terdiri dari 2 jenis yaitu okra hijau dan okra merah. Jenis makanan ini termasuk kategori sayuran yang dikenal dengan kacang bendi atau Lady’s Finger yang berasal dari Ethiopia dan Asia Selatan. Sayuran ini memiliki manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat okra

  1. Menurunkan kadar gula. Hasil penelitian pada tahun 2017 yang dilakukan oleh Poorva Dubey and Sunita Mishra dari University Vidya Vihar Lucknow menunjukan bahwa okra dapat memberikan efek farmakologi untuk penyakit diabetes karena mampu menurunkan kadar gula.
  1. Menurunkan berat badan. Okra memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Dalam 100 gram okra mengandung sekitar 30 kalori. Selain itu okra juga mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. para ahli merekomendasikan okra untuk program diet.
  1. Mengatasi sembelit. Zat lendir yang terdapat di dalam okra dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi sembelit.
  1. Menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan flavonoid berupa xanthin, lutein, dan beta-karoten berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kesehatan paru-paru.
  1. Memelihari kesehatan mata dan kulit. Okra memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A dikenal da pat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A dapat menjaga selaput lendir yang dapat memelihara kesehatan kulit.
  1. Mencegah terjadinya cacat janin. Dalam 100 gram okra mengandung 22% RDA atau asam folat yang dapat mencegah terjadinya cacat janin.
  1. Menjaga sistem imuns. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Okra memiliki kandungan vitamin C sekitar 36%..
  1. Memperkuat tulang dan gigi. Okra memiliki kandungan vitamin K yang banyak berperan sebagai c0-faktor enzim pembekuan darah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  1. Menurunkan kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Federation of American Societies for Experimental menunjukan bahwa kadar kolesterol dapat diturunkan dengan ekstra okra.
  1. Mencegah penyakit jantung. Okra dapat mencegah terjadinya penyakit jantung karena mengandung serat dan antioksidan berupa katekin, epicatehin, quercetin, procyanidin dan rutin.

Cara memasak atau mengolah okra

  1. Okra yang sudah dicuci akan cenderung mengeluarkan lendir lebih banyak dan akan mudah busuk. Sehingga setelah dicuci sebaiknya langsung segera di masak.
  2. Masak okra secara utuh untuk mencegah keluarnya lendir, cukup bersihkan okra dan potong bagian ujungnya saja. Setelah itu masak sesuai selera.
  3. Ukuran lazim dalam memasak memang kecil. Akan tetapi bila anda memotong okra dalam ukuran besar akan meminimalisir keluarnya lendir. Sebaiknya hindari irisan melintang.
  4. Untuk meminimalisir keluarnya lendir anda dapat memanfaatkan cuka putih yang di campur dengan air dengan cara di rendam selama 15-30 menit.
  5. Okra yang sudah di cuci di simpan di lemari es hingga beku. Untuk meminimalisir produksi lendir anda dapat memotong okra dalam keadaan beku.
  6. Apabila anda menyukai potongan okra dalam ukuran kecil, anda bisa menggoreng okra terlebih dahulu untuk mengurangi lendir selama 30 detik sampai 1 menit. Setelah itu anda dapat memasak okra sesuai selera.
  7. Menggoreng okra dengan balutan tepung dapat menghasilkan sayuran dan tidak berlendir.
  8. Pada saat anda memasak okra dengan cara di tumis sebaiknya anda jangan menggunakan api yang kecil, akan tetapi menggunakan api yang besar selama 15 menit. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here