Menggunakan Bra saat Tidur Dapat Menyebabkan Kanker Payudara

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker payudara meliputi urutan kelima penyebab kematian kanker secara keseluruhan sejumlah 522.000 kematian dan penyebab kematian yang paling sering terjadi di daerah kurang berkembang 324.000 kematian sedangkan di daerah maju 198.000 kematian. Menurut data Kemenkes RI ditinjau dari segi ekonomi menunjukan bahwa penyakit kanker payudara dalam urutan kedua setelah hemodialisis. Pada tahun 2012 adalah sebesar 144,7 milyar dan meningkt di tahun 2014 menjadi 905 milyar. Faktor resiko terjadinya kanker payudara yaitu usia > 50 tahun, riwayat keluarga dan genetika, riwayat penyakit keluarga, riwayat menstruasi dini (< 12 tahun) atau manerche lambat (>55tahun), riwayat reproduksi, hormonal, obesitas, alkohol, riwayat radiasi dingding dada, dan faktor lingkungan.

Tahukah kamu bahwa ada sebuah rumor di masyarakat yang mengatakan bahwa menggunakan bra pada saat tidur bisa memicu resiko terjadinya kanker payudara? Bagi seorang perempuan menggunkan bra suatu kebutuhan sehari-hari. Bra tidak hanya membuat penampilan menjadi percaya diri tetapi bra membuat payudara kamu tetap terjaga bentuk indahnya.

Lalu bagaimana dengan rumor yang beredar di masyarakat, mitos ataukah fakta menggunakan pada saat tidur memicu resiko terjadinya kanker payudara?

Mitos : menggunakan bra pada saat tidur memicu resiko terjadinya kanker payudara.

Fakta : sebuah penelitian menyatakan bahwa tidak ditemukan hubungan antara kanker payudara dengan pemakaian bra ketika tidur dan tidak ada resiko kanker payudara pula dalam lamanya serta jenis bra  yang digunakan wanita ketika tidur.

Mitos dan fakta tersebut dijelaskan oleh dr. Febriansyah, SpOG. Bahwa menggunakan bra pada saat tidur tidak ada hubungannya dengan kanker payudara, wanita boleh saja menggunakan bra saat tidur asal jangan menggunakan bra yang berkawat. Bra yang berkawat akan membuat payudara tertekan dan akan mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Menurut reverensi lain yang dijelaskan oleh dr. Utami yang merupakan salah satu dokter Puskesmas di Bekasi menyatakan penggunaan bra ketika tidur tidak berhubungan dengan kanker payudara. Tetapi menggunakan bra yang ketat dan berkawat pada saat tidur bisa menimbulkan adanya bejolan kecil di payudara karena adanya penekanan. Benjolan tersebut yaitu suatu kelenjar lemak yang membengkak karena tekanan kronis yang merupakan salah satu pemicu munculnya kanker payudara bagi mereka yang memiliki kecenderungan untuk mengidap kanker sedangkan bagi wanita yang tidak memiliki kencenderungan tersebut salah satu dari faktor genetika kemungkinan terjadinya kanker payudara sangatlah kecil dan benjolan tersebut dapat hilang secara berangsur-angsur.

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hal ini sebaiknya tidak menggunakan pakaian dalam saat tidur agar aliran darah lancar, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan terasa bugar saat bangun tidur. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here