Menghilangkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa identik dengan bau mulut yang mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri.┬áDrg Susi R Puspitadewi memiliki lima cara mengatasi bau mulut ketika berpuasa, yaitu :

  • Sikat gigi secara teratur. Menurut Susi, sikat gigi teratur membantu menghilangkan kotoran yang tertinggal di dalam mulut. Kotoran yang tidak dibersihkan mengundang bakteri penyebab bau mulut. Susi menyarankan untuk menyikat gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa.
  • Rajin cek ke dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi untuk menjalani pemeriksaan jadi saran terakhir Susi. Faktor penyebab bau mulut bukan hanya kurang air liur atau radang tenggorokan, namun juga kelainan pada fungsi pencernaan akibat penyakit seperti diabetes dan kanker.
  • Hindari makanan tertentu. Susi menyarankan untuk mnghindari makanan panas dan pedas karena bisa menyebabkan radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan salah satu penyebab bau mulut.
  • Bersihkan lidah. “Lidah juga harus dibersihkan. Bisa dibersihkan dengan pembersih lidah yang biasa dijual di toko-toko,” ujarnya.
  • Gunakan obat kumur. Cara ini menurut Susi opsional, tak harus selalu dilakukan. Namun penggunaan obat kumur dapat membantu mencegah bau mulut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY