Menghilangkan Ketombe pada Wanita Berhijab

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketombe merupakan salah satu gangguan di kulit kepala yang sangat mengganggu. Ketombe bisa dialami oleh siapa saja termasuk wanita yang berhijab. Rasa gatal akan muncul saat ketombe menyerang kulit kepala.

Berhijab sendiri merupakan kewajiban bagi wanita umat muslim. Dengan berjilbab, wanita menutupi aurat yang diwajibkan untuk ditutupi dari pandangan orang yang bukan muhrimnya. Namun, ketombe yang menyerang kulit kepala akan sangat mengganggu. Berikut ada cara menghilangkan ketombe bagi wanita berhijab:

  • Rutin membersihkan rambut

Dengan menjaga kebersihan rambut, maka dengan sendirinya ketombe akan sedikit berkurang. Jarang membersihkan rambut akan meningkatkan resiko ketombe. Hal ini terjadi karena kotoran yang terus menumpuk di kulit kepala.

  • Menjaga kebersihan jilbab yang digunakan

Selain menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, menjaga kebersihan jilbab/inner juga sangat penting. Hal ini akan mempengaruhi kebersihan kepala Anda. Percuma bukan jika kepala bersih namun mengggunakan inner yang kotor?

  • Menggunakan hair tonic

Dengan menggunakan hair tonic, makan akan membatu mengurangi ketombe yang sedang Anda alami. Gunakan hair tonic khusus santi ketombe.

  • Menggunakan teh basi

Teh basi memiliki manfaat untuk mengurangi ketombe yang bersarang di kulit kepala Anda. Caranya siramkan teeh basi ini ke kepala ANda sebelum Anda melakukan kerasa dengan sampo. Setelah disiram, diamkan beberapa saat, lalu bilas, barulah lakukan pembersihan dengan sampo. Harus diingat juga bahwa Anda harus memastikan kepala Anda telah bersih dari busa sampo. Busa yang tidak bersih ketika dibilas akan meningkatkan resiko ketombe.

  • Hindari mengenakan jilbab dalam keadaan rambut basah

Dengan menggunakan jilbab di rambut yang belum kering akan meningkatkan resiko ketombe. Ada baiknya jika Anda memastikan rambut telah keing sebelum menggunakan jilbab. Anda juga sebaiknya mengurangi penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Hal ini akan merusak rambut jika dilakukan terus menerus.

  • Menghindari makanan yang berminyak

Dengan menjaga konsumsi makanan yang Anda makan, akanmembatu mengurangi ketombe. Makanan yang mengandung banyak minyak akan meningkatkan resiko ketombe semakin banyak.

  • Menggunakan baking soda

Baking soda dipercaya ampuh menghilangkan ketombe lho. Caranya basahi seluruh bagian kepala dan rambut, lalu oleskan baking soda di rambut dan kulit kepala. Tunggu beberapa saat sambil dipijat perlahan. Bilas dengan menggunakan air bersih.

  • Menggunakan obat kumur

Selain bermanfaat membersihkan area mulut, ternyata obat kumur juga mampu membantu menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah, keramasi rambut Anda seperti biasa, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, pastikan rambut Anda telah bersih dari busa dan sampo. Lalu aplikasikan oabat kumur sebagai pembilas terakhir.(IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY