Menghisap Tembakau Gorila Bisa Sebabkan Penyakit Tremor

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika menghisap tembakau Cap Gorila secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya adalah gangguan syaraf yang biasa disebut tremor. Lantas bagaimana apa penyebab dan bagaimana ciri-ciri penyakit tremor itu?

Pengertian penyakit tremor

Tremor merupakan gerakan dari seseorang yang tidak terkontrol pada satu atau lebih dari bagian tubuh. Tremor pada seseorang umumnya terjadi karena bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol otot, mengalami gangguan. Hal tersebutlah yang akhirnya menyebabkan gerakan pada bagian tubuh jadi tidak terkendali.

Penyakit ini dapat mengakibatkan gemetar pada tubuh, dimana bagian yang paling sering dialami seseorang adalah tangan. Dalam kasus tertentu, tremor bisa mengindikasikan bahwa telah muncul masalah yang cukup serius pada tubuh seseorang.

Apa saja yang menjadi penyebab tremor?

Penyebab penyakit tremor secara umum adalah gangguan area otak, sehingga tidak mampu mengendalikan otot pada bagian tubuh tertentu. Beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan tremor antara lain parkinson, stroke, multiple sclerosis, cedera otak, gangguan hati, hingga neurodegeneratif. Kondisi yang dapat menyebabkan tremor antara lain hipoglikemia dan hipertiroid.

Beberapa jenis obat-obatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, juga dapat mengakibatkan tremor. Obat-obatan itu seperti kortikosteroid, amfetamin, serta obat-obatan lainnya. Selain itu mengkonsumsi alkohol, kafein berlebih, atau keracunan merkuri juga bisa mengakibatkan tremor.

Pengobatan penyakit tremor

Pengobatan bagi penderita tremor, rupanya tergantung pada seberapa akurat diagnosis penyebab penyakit tersebut. Hal itu dikarenakan sebagian tremor akan hilang, setelah kondisi yang menjadi penyebabnya dapat teratasi. Hanya saja sebagian kasus tremor yang cukup berat, tidak dapat disembuhkan dengan singkat.

Selain obat-obatan yang akan diberikan dokter, untuk mengatasi tremor juga dapat dilakukan terapi. Terapi yang biasanya dijalani pasien antara lain suntik botoks, terapi fisik, hingga terapi stimulasi otak. Apabila tremor diakibatkan gaya hidup yang buruk seperti mengkonsumsi alkohol, maka cara mengatasinya adalah dengan meninggalkan kebiasaan tersebut.

Tembakau Cap Gorila dapat menyebabkan tremor

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa efek dari menghisap rokok tembakau Cap Gorila yang berlebihan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan gangguan saraf hingga tremor. Hal tersebut dikarenakan dalam tembakau Cap Gorila memiliki kandungan zat AB-CHMINACA. BNN menegaskan bahwa zat AB-CHMINACA adalah salah satu jenis synthetic cannabinoid (SC).

Seseorang yang menghisap tembakau gorila yang mengandung AB-CHMINACA secara berlebihan, akan menimbulkan efek halusinasi seperti ketiban seekor gorila besar. Dampak buruk yang bisa terjadi dalam jangka panjang adalah terkena tremor, yakni gangguan saraf sehingga gerakan otot tidak terkendali.

Dengan melihat dampaknya yang besar bagi masyarat, tidak ada salahnya jika BNN dan pihak Kepolisian akan terus mengawasi peredaran zat AB-CHMINACA yang dicampurkan pada tembakau. Termasuk membuat payung hukum bersama pemerintah, sehingga peredaran zat AB-CHMINACA yang dicampur pada produk rokok bisa diikendalikan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here