Mengintip Menu Takjil dari Berbagai Negara

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –  Iftar atau berbuka puasa menjadi ritual harian selama bulan suci Ramadhan. Di negara-negara tertentu, berbuka puasa memiliki ciri khas tersendiri. Di Indonesia misalnya, masyarakat biasa berbuka dengan kolak pisang. Lalu bagaimana dengan menu-menu berbuka di sejumlah negara tetangga?

  • Malaysia

Meski bukan di bulan puasa, nasi lemak jadi salah satu kuliner khas Malaysia yang selalu ada. Nasi lemak juga jadi pilihan pertama untuk berbuka saat bulan Ramadhan. Untuk minumannya, air tebu menjadi salah satu yang paling digemari di Negeri Jiran.

  • Singapura

Meskipun bukan makanan khas yang berasal dari Singapura, nasi briyani menjadi primadona di kala waktu berbuka datang. Nasi dengan lauk daging kambing berbumbu rempah-rempah ini cocok dinikmati ketika lapar mendera.

  • Brunei Darussalam

Tidak seperti negara lainnya yang berbuka dengan makanan yang manis, penduduk Brunei Darussalam lebih memilih kepiting rebus sebagai salah satu hidangan favorit saat bulan Ramadhan. Tidak mengejutkan jika Anda sedang travelling ke Brunei dan melihat banyak pusat perbelanjaan atau pertokoan menjajakan kepiting rebus.

  • India

Di daerah-daerah tertentu di India, saat bulan Ramadhan bisa dijumpai makanan favorit untuk menemani berbuka puasa. Salah satunya di daerah Hyderabad. Menunya berupa hyderabadi haleem. Ini adalah sejenis bubur gandum dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan potongan daging domba.

  • Pakistan

Sama halnya seperti kolak di Indonesia, di Pakistan, samosa menjadi hidangan yang wajib ada saat Ramadhan. Di Pakistan, samosa biasa dijajakan di pinggir jalan menjelang berbuka. Selain itu, seperti halnya di Indonesia, berbuka puasa bersama juga menjadi tradisi yang dijalani orang Pakistan.

  • Bangladesh

Umat muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan, seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka. Sementara minuman seperti rooh afza dengan berbagai cita rasa dan lemon adalah menu berbuka cukup populer di seluruh Bangladesh.

  • Sri Lanka

Kothu paratta merupakan makanan khas penduduk Asia Selatan yang terbuat dari roti paratta yang dicincang. Kemudian, roti dimasak dengan campuran telur, sayuran, dan daging dengan bumbu khas bernama saus salna, sebuah bumbu yang mirip saus pedas. Saat bulan Ramadhan, makanan ini akan banyak sekali dijajakan oleh pedagang kaki lima di Sri Lanka sekaligus merupakan makanan favorit bagi warga muslim di sana untuk berbuka puasa.

Bagaimana, cukup mengugah selera, bukan? Well, jika Anda berkunjung ke negara-negara tersebut saat bulan Ramadhan, jangan lupa untuk mencicipinya ya! (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY