Mengistirahatkan Badan Usai Melakukan Perjalanan Mudik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika perjalanan jauh yang ditempuh selama mudik, pasti membuat badan menjadi kelelahan. Setelah melakukan perjalanan mudik, seseorang disarankan untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh.

Istirahatlah yang cukup agar tubuh kembali fit

Perjalanan jauh akan membuat seseorang kurang tidur, sehingga mengalami kelelahan. Sesampainya di rumah, disarankan untuk istirahat dengan cukup. Tidur malam antara 6 hingga 8 jam, sehingga memperoleh istirahat yang berkualitas. Cara ini dianggap efektif untuk memperbaiki energi.

Mandilah di pagi hari agar tubuh menjadi segar

Seperti yang diketahui jika mandi di pagi hari dapat membuat seseorang kembali segar, setelah menempuh perjalanan. Namun sebelum mandi, cek dahulu kondisi tubuh. Jika benar-benar kurang fit, maka gunakan air hangat. Sebaliknya jika tubuh fit setelah bangun tidur, maka gunakanlah air dingin.

Minumlah air putih yang cukup

Kurang minum bisa mengakibatkan dehidrasi, sehingga tubuh merasa lelah. Kondisi ini bisa mempengaruhi fungsi organ pada tubuh. Oleh karena itu dianjurkan untuk minum air putih yang cukup untuk menjaga sistem hidrasi tubuh, sehingga kondisi cepat prima.

Boleh juga untuk memanfaatkan jasa pijat

Bagi seseorang yang benar-benar merasa kelelahan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan jasa pemijatan. Namun pemijatan harus dilakukan oleh orang yang memang benar-benar ahli dalam memijat. Melakukan pemijatan secara umum dapat memberikan banyak manfaat.

Misalnya menghadirkan suasana relaksasi, memperbaiki sistem saraf, meningkatkan rangsangan saraf, menghentikan rasa sakit, mempercepat regenerasi sel, hingga mencegah gangguan pembuluh darah. Sekali lagi dengan catatan, pemijatan harus dilakukan oleh orang-orang yang profesional.

Boleh memanfaatkan aromaterapi

Sejak lama minyak aromaterapi dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Minyak aromaterapi tersebut dapat dioleskan disekujur tubuh atau bisa juga dihirup.

Kenakanlah pakaian yang agak longgar

Meski terkesan sepele, namun mengenakan pakaian yang longgar memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sementara jangan gunakan pakaian yang memberikan tekanan pada perut, dada, paha atau lengan. Dengan mengenakan pakaian longgar, syaraf-syaraf yang tegang karena kelelahan bisa menjadi kendur. Selain itu pembuluh darah yang mungkin terhambat, bisa lancar kembali.

Berbaringlah dengan mengganjal bagian punggung atau kaki

Sembari beristirahat, tidak ada salahnya mengganjal punggung dengan bantal yang lembut. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kepenatan punggung, sekaligus melancarkan darah yang menuju bagian kepala. Apabila perjalanan mengakibatkan bokong pegal, maka posisi berbaring dapat diganti dengan posisi miring secara bergantian ke kiri dan ke kanan.

Menonton hiburan yang menarik dan mendengarkan musik

Tidak ada salahnya untuk mencari tontonan yang dapat membuat tertawa. Jika kebetulan tidak ada tontonan yang menghibur, maka dengarkanlah musik. Tujuannya untuk menghadirkan kondisi psikologis yang santai pada pikiran. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here