Mengobati Mimisan dengan Cara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada umumnya, mimisan adalah kondisi yang dapat ditangani sendiri di rumah. Setelah mimisan berhenti, usahakan agar Anda tidak membuang ingus, membungkuk atau melakukan aktivitas berat selama setidaknya 24 jam. Langkah ini juga dapat mencegah terjadinya iritasi pada hidung. Apabila mimisan tidak kunjung berhenti setelah 20 menit, Anda sebaiknya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Penentuan jenis penanganan ini tergantung kepada penyebab mimisan.

Selain dari cara tersebut, Anda bisa mengatasi dan mengobati mimisan dengan bahan alami yang sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Apa saja bahan alami tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Daun Babadotan

Daun babadotan sudah sering kita dengar bahkan sudah sedari dulu babadotan ini dijadikan sebagai penghenti mimisan di hidung. Untuk orang Sunda, mereka sudah biasa menggunakan daun babadotan ini ketika ada orang yang mengalami mimisan. Caranya menggunakan daun babadotan adalah pada saat akan menghentikan pendarahan dari hidung babadotan inilah sebagai penutup lubang hidungnya, supaya darah tidak lagi keluar.

  1. Kangkung Segar

Jika Anda sering mengalami mimisan setiap hari atau pada keadaan tertentu, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi daun kangkung segar. Cara menggunakan daun kangkung segar sebagai obat mimisan adalah dengan memblender kangkung kemudian ditambahkan air dan diminum setiap hari supaya mimisan Anda tidak kambuh lagi.

  1. Akar Alang-Alang

Akar alang-alang juga bisa Anda gunakan sebagai bahan atau obat tradisional mengatasi mimisan. Anda cukup mengambilnya dari kebun yang ditumbuhi alang-alang, ambil akarnya, lalu rebus akar alang-alang tersebut dengan air sampai airnya menyusut setengahnya. Minum air tersebut secara teratur selagi hangat.

  1. Akar Teratai

Anda pasti sering melihat terata yang biasanya tumbuh disekitar kolam ikan. Akar teratai disinyalir mampu untuk mengobati seseorang yang sering mengalami mimisan. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, cukup menumbuk 200 gram akar teratai sampai halus dan sampai keluar air. Lalu jadikan sebagai obat tetes hidung atau bisa juga jika Anda meminum air tersebut.

  1. Pegangan

Gunakan pegangan untuk mengobati dan mengatasi mimisan Anda. Pegangan ini juga mudah sekali di dapatkan di sekitar rumah. Caranya dengan merebusnya seperti akar alang-alang, lalu minum selagi hangat.

  1. Kacang Tanah

Siapkan 25 gram kulit kacang tanah, kemudian rebus bersama 400 cc air. Setelah airnya berkurang setengah dari semula, disaring. Minum airnya ketika hangat. Demikian cara mengatasi mimisan   dan mengobatinya menggunakan bahan alami. Anda dapat memilih salah satu bahan yang mudah ditemukan, untuk mengobati dan mencegah mimisan.

  1. Rambut Jagung

Ambil 50 gram rambut jagung, kemudian rebus bersama 400 cc air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu, airnya disaring. Minumlah airnya selagi hangat. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here