Mengobati Sakit Miss V Akibat Vulvodynia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jangan abaikan rasa nyeri pada Miss V, terlebih lagi bila disertai pula sensasi panas atau menyengat sehingga tak nyaman beraktivitas atau duduk lama-lama. Kemungkinan Anda menderita vulvodynia, yaitu nyeri kronis pada area vulva (bukaan vagina). Kondisi ini kadang terjadi tanpa penyebab yang jelas dan bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Meski bukan penyakit mematikan, tetap saja bila dibiarkan dapat menyebabkan kecemasan, depresi, disfungsi seksual dan secara keseluruhan menurunkan kualitas hidup.

Oleh karenanya, jika Anda merasakan nyeri Miss V yang konstan ataupun sesekali, jangan malu untuk memeriksakannya ke dokter guna diketahui penyebab pastinya dan segera diberi penanganan agar tidak berkepanjangan. Pengobatannya akan berfokus pada pengurangan gejala, dan ini memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Secara umum, pilihan pengobatan vulvodynia meliputi:

  • Obat-obatan. Obat-obatan oral, seperti steroid, antidepresan trisiklik atau antikonvulsan, dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis akibat vulvodynia. Namun, bila obat-obatan tersebut kurang membantu, gejala vulvodynia dapat diredakan dengan suntik blok saraf. Dokter juga mungkin meresepkan salep lidokain untuk digunakan 30 menit sebelum hubungan seksual untuk mengurangi ketidaknyamanan di area organ intim. Karena bersifat sebagai anestesi, pasangan juga mungkin merasakan mati rasa sementara setelah berhubungan seksual.
  • Terapi biofeedback. Dalam penanganan vulvodynia, biofeedback dapat membantu Anda lebih rileks dalam merespon gejala-gejala yang membuat tidak nyaman. Misalnya, bagaimana mengendurkan otot panggul agar tidak berkontraksi guna meminimalisir timbulnya rasa sakit yang semakin kronis. Selain itu, banyak pula wanita dengan vulvodynia merasakan ketegangan di otot-otot dasar panggul. Latihan untuk membuat otot-otot panggul menjadi lebih rileks otot dapat membantu meringankan rasa sakit terkait vulvodynia.
  • Operasi. Operasi terkadang menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi vulvodynia, terutama bila rasa sakit terasa pada area tertentu saja. Misalnya, bila vulvodynia hanya terasa di area pembukaan vagina, vestibulektomi mungkin dilakukan untuk mengangkat kulit yang terkena dan jaringan vagina yang terpengaruh guna menghentikan rasa nyeri.

Selain itu, ada beberapa cara rumahan yang juga dapat membantu meringankan rasa sakit karena vulvodynia, yaitu:

  • Menerapkan kompres es pada area luar vagina.
  • Tidak menggunakan pantyhose atau celana dalam berbahan nilon karena membatasi aliran udara di sekitar vagina.
  • Hindari berendam di air panas karena dapat memicu ketidaknyamann dan rasa gatal.
  • Tidak melakukan aktivitas yang menekan vagina, seperti naik sepeda atau berkuda.
  • Cukup gunakan air bersih untuk membersihkan area vagina, tidak perlu pakai sabun kewanitaan.
  • Gunakan pelumas buatan ketika melakukan hubungan seksual.

Minum antihistamin untuk meredakan rasa gatal sebelum tidur sehingga Anda pun dapat beristirahat dengan nyaman.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY