Mengonsumsi Coklat Dapat Meningkatkan Daya Ingat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Coklat merupakan salah satu makanan yang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Hampir semua orang yang ada di belahan bumi ini menggemari cokelat yang memiliki citra rasa khas. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata coklat juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan khususnya membantu dalam mengembangkan daya ingat.

Apa saja kandungan yang terdapat pada coklat?

Coklat mempunyai kandungan zat gizi yang sangat banyak. Biji coklat mempunyai kandungan alkanoid, sehingga membuat rasanya menjadi pahit. Biji coklat juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, serta lemak.

Protein yang terdapat pada biji coklat tersebut mempunyai kandungan tyrosin, fenilalanin, hingga asam amino. Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, membuat cokelat mempunyai manfaat cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat coklat yang sangat baik adalah membantu dalam mengembangkan daya ingat seseorang. Mengonsumsi cokelat panas secara teratur dapat membuat memori otak seseorang menjadi lebih baik, sehingga tidak mudah mengalami lupa.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School. Penelitian ini dijalani guna melihat manfaat dari cokelat. Hasilnya bila seseorang mengonsumsi minimal dua gelas coklat panas setiap hari, maka kesehatan otak akan terjaga dengan baik.

Penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School dilakukan pada 60 orang, dengan umur 73 tahun ke atas. Semua subjek penelitian mempunyai daya ingat yang normal, kemudian diminta mengonsumsi 2 gelas cokelat panas setiap hari selama sebulan penuh.

Hasilnya cukup mengejutkan karena kebanyakan subjek penelitian mengalami peningkatan pada hubungan neovaskular, dimana aliran darah yang mengalir ke otak untuk menentukan bertahannya daya ingat semakin meningkat.

Subjek penelitian juga mengalami kenaikan dalam menyelesaikan tugas berupa soal yang harus dijawab. Dari rata-rata waktu yang semula 167 detik, menjadi 116 detik. Tentu saja hasil penelitian ini menjadi kabar baik bagi para penggemar cokelat dalam menjalankan hobinya.

Bagi orang tua yang rutin mengonsumsi minuman cokelat panas ini, maka daya ingatnya akan terjaga dengan baik. Demikian juga dengan anak-anak atau remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Minuman coklat sangat baik untuk membantu perkembangan kognitif.

Minuman coklat panas juga dianggap baik dalam menjaga kelancaran aliran darah ke bagian otak. Dengan demikian otak dapat bekerja lebih baik, bahkan bisa melawan penyakit alzheimer. Tentu saja pengonsumsian coklat ini harus dilakukan secara teratur, agar mendapatkan hasil yang optimal.

Apapun jenis coklat panas yang dikonsumsi, memiliki manfaat yang cukup baik bagi daya seseorang. Dengan lancarnya darah ke otak, maka daya ingat pun akan semakin kuat. Dengan mengetahui manfaat mengonsumsi cokelat panas kali ini, semoga bisa menambah wawasan dalam mengembangkan daya ingat sejak dini. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here