Mengonsumsi Makanan Panas dan Langsung Minum Dingin Bisa Membuat Gigi Menjadi Kuning

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang penampilan seseorang. Jika gigi bersih dan putih akan membuat anda percaya diri ketika senyum kepada orang lain untuk sekedar memberi kesan ramah atau menggoda lawan jenis.

Menjaga gigi agar tetap putih dan bersih nampaknya cukup sulit, terbukti kebanyakan orang memiliki gigi yang cenderung kuning. Oleh karena banyak juga orang yang berusaha keras agar mendapatkan gigi yang putih dan bersih.

Menurut penelitian berubahnya gigi menjadi menguning dikarenakan oleh noda yang bisa berasal dari luar maupun dari dalam. Gigi yang menguning dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebab tersebut meliputi jarang mengosok gigi, merokok, minum minuman berenergi, kopi, penggunaan obat mata, sering berenang, penggunaan pemutih gigi.

Dan tanpa sadari ternyata seringnya mengonsumsi makanan panas dan langsung minum dingin juga bisa membuat gigi berubah warna menjadi kuning. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sering mengonsumsi makanan panas dan langsung minum dingin tidak hanya membuat saluran pencernaan bermasalah, tetapi juga menyebabkan gigi menguning.

Menguningnya gigi setelah mengonsumsi makanan panas dan minum dingin terjadi karena makanan dan minuman tersebut mengakibatkan saraf yang terdapat pada gigi anda menjadi mati. Saat saraf gigi tidak aktif atau tidak berfungsi lagi, maka gigi akan mati rasa. Kondisi tersebut yang akan membuat gigi berubah warna menjadi kuning.

Selain membuat gigi menguning, kebiasaan tersebut dapat membuat gigi menjadi gigi sensitif dan menyebabkan penipisan pada email gigi. Sebenarnya minum minuman dingin boleh saja. Namun jangan melakukan hal tersebut setelah baru saja menyantap makanan panas. Sebagai contoh setelah makan bakso yang panas jangan memesan es teh tapi sebaiknya terlebih dahulu minum air putih. Karena minuman yang dingin dapat membuat perubahan ekstrem pada mulut dan gigi anda.

Agar anda dapat menjaga kebersihan gigi dan tetap putih berikut tips yang bisa anda lakukan di rumah :

  1. Membersihkan gigi dengan siwak
  2. Menggunakan pasta strawberry dengan campuran baking soda
  3. Oleskan minyak kelapa pada gigi dan berkumur selama kurang lebih 15 menit
  4. Menjaga keputihan gigi dengan hidrogen peroxida
  5. Pasta campuran lemon dan garam
  6. Berkumur dengan cuka sari apel
  7. Mengunyah sayuran mentah seperti wortel dan tomat.
  8. Pasta dari kulit jeruk yang dikeringkan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here