Mengontrol Asupan Makanan aat Berbuka Agar Tidak Obesitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika sedang berpuasa pola makan sehari-hari menjadi berubah. Jumlah makanan yang dikonsumsi juga terkadang berubah sesuai selera kita. Banyak orang yang cenderung menjadi makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Hal ini tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga mengurangi esensi puasa.

Pada saat berbuka, tidak semua makanan yang tersedia harus dimakan dan dihabiskan meskipun semuanya menarik selera. Namun anda juga harus memilih makanan sesuai porsi kebutuhan tubuh anda. Beberapa tips bagi anda untuk mengatur jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh saat berbuka puasa.

  1. Berbukalah dengan yang ringan dan manis

Batalkan puasa dengan makanan ringan seperti kurma. Mengonsumsi makanan yang ringan saat berbuka dapat mengontrol rasa lapar sehingga nantinya tidak makan secara berlebihan. Dibanding langsung menyantap makanan berat, lebih baik anda menyantap makanan seperti sayur, sup yang rendah kalori.

  1. Pilihlah makanan yang tepat

Anda dapat memilih makanan yang banyak mengnadung proteinseperti telur rebus yang akan menurunkan level ghrelin yaitu hormon yang menstimulasi rasa lapar. Sarapan kaya protein akan membantu mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk ngemil. Atau anda dapat mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dan mengandung lemak baik sebagai gantinya.

  1. Makan secara perlahan

Cara ini dapat menjadi cara yang tepat untuk mengontrol berat badan. Menurut riset, otak membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal yang mengonfirmasikan perut sudah kenyang. Jadi kunyahlah makanan secara pelan agar nutrisi dan kalori yang terserap  cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

  1. Minum air putih

Minum air putih setelah berbuka puasa dapat menghindari untuk makan secara berlebih. Atau anda dapat membatalkan puasa dengan minum air putih terlebih dahulu, karena banyak orang yang salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar sehingga mereka cenderung makan lebih babnyak dibanding minum air.

  1. Mengatur porsi makan

Makanlah dengan porsi yang wajar. Ramadhan adalah waktu untuk mengontrol diri sendiri. Jadi sering-seringlah berlatih menahan diri di bulan ini. Makan secara wajar adalah kuncinya. Jangan buat malam hari hanya terisi makanan, karena anda juga akan menghabiskan waktu untuk istirahat hinggga waktu saur tiba.

  1. Makan bersama

Menyantap makanan atau berbuka puasa bersama akan lebih menyenangkan bila bersama keluarga, teman atau grup lainnya. Cara ini juga dapat menegah diri dari keinginan makan secara berlebih berbagai makanan yang dihidangkan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here