Menguatkan Jiwa Pasien Kanker Payudara

SehatFresh.com – Kanker payudara adalah momok yang menakutkan bagi wanita. Kanker ini bisa membuat wanita menjadi sakit secara fisik dan emosional sehingga pasien merasa hidupnya seakan berakhir. Tidak hanya berdampak secara fisik, konsekuensi psikologis karena telah mendengar vonis kanker payudara telah membuat banyak wanita berada dalam kekacauan emosional.

American Psychological Association melaporkan bahwa banyak wanita merasa cemas dan khawatir setelah mereka menerima diagnosis bahwa mereka menderita kanker payudara. Bahkan, banyak juga yang sangat terkejut ketika mereka menerima vonis kanker dan menjadi cemas mengenai pengobatannya, bagaimana hal itu akan memengaruhi kehidupan mereka dan bagaimana jika mereka akan mati.

Berhadapan dengan nyeri kanker, kemoterapi, radiasi dan operasi bisa membuat jiwa wanita menjadi lelah. Kelelahan dan kelemahan fisik adalah efek samping yang umum dari kemoterapi, tapi kelelahan saraf dapat menyebabkan efek samping emosional lain jika tidak dikelola dengan baik. Terkait hal ini, keluarga dan kerabat dekat juga perlu ikut berperan dalam penyembuhan, tidak hanya terpaku pada ahli medis saja. Ini sangat penting agar pasien tidak mengalami depresi dan kecemasan yang berlebihan.

Depresi, kesedihan dan perasaan putus asa adalah reaksi umum yang kerap kali dialami para pasien kanker payudara. Depresi memengaruhi kualitas hidup pasien kanker dengan mengganggu kegiatan sehari-hari serta mengganggu interaksi mereka dengan lingkungan. Padahal, kondisi jiwa pasien penderita kanker payudara sangat memengaruhi kesehatan fisiknya. Secara psikologis, mereka yang terkena kanker payudara sangat membutuhkan dukungan emosional dari orang-orang terdekat, terutama keluarga yang memegang peranan besar dalam proses pengobatan.

Konseling dan psikoterapi juga dapat membantu pasien dalam menjalani pengobatan kanker dengan menyediakan lingkungan yang aman untuk mengungkapkan pikiran negatif dan belajar keterampilan manajemen emosi sehingga pasien menjadi lebih optimis terhadap kesembuhannya. Konseling juga dapat membantu mereka tentang bagaimana mengungkapkan kesusahan mereka kepada teman dan keluarga serta bagaimana mengembangkan pandangan dan pikiran positif yang pada akhirnya dapat membantu dalam pemulihan mereka.

Survivor adalah sebutan bagi para penderita kanker yang telah melalui serangkaian pengobatan serta terapi hingga pada akhirnya ia berhasil sembuh dari penyakit mematikan yang disebut kanker. Dalam kasus kanker payudara, setelah menjalani operasi pengangkatan sel kanker, seorang survivor sangat membutuhkan dukungan dari orang terdekat untuk mengembalikan kepercayaan dirinya. Seorang survivor ingin dihargai sebagaimana wanita seutuhnya seperti saat sebelum ia divonis kanker.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY