Mengurangi Faktor Resiko Diabetes dan Jantung? Tentu Saja Bisa!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang mungkin akan bergidik mendengar penyakit diabetes dan jantung. Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang dapat dibilang mematikan. Biasanya orang yang terkena penyakit diabetes maka akan beresiko mengalami sakit jantung dikarenakan gula darah yang meninggi mengakibatkan kerusakan bagian-bagian tubuh dan pembuluh darah yang erat kaitannya dengan jantung. Namun, jangan khawatir dengan pola hidup sehat yang disiplin. Anda dapat mengurangi resiko terkena dua penyakit berbahaya ini.

  1. Kontrol Kadar Gula Darah Secara Berkala

Rajin-rajinlah mengecek tekanan gula darah anda. Apabila normal anda aman, namun apabila meninggi segera lakukan pola hidup sehat agar tekanan gula darah kembali normal. Jangan lupa minta bantuan dokter untuk memberikan keterangan-keterangan akurat mengenai diabetes.

  1. Mengurangi Berat Badan

Apabila berat badan anda mengalami overweight maka segeralah melakukan diet sehat dan rajinlah berolahraga. Orang yang memiliki kelebihan lemak di area perut dan pinggang memiliki resiko lebih tinggi dalam terkena penyakit jantung. Namun perlu diingat bahwa anda tidak perlu melakukan diet ketat karena akan menyebabkan persoalan baru. Silakan lakukan diet dengan anjuran dokter.

  1. Olahraga Teratur

Apabila anda tipe orang yang malas berolahraga maka untuk menjaga agar tekanan gula darah tetap normal adalah dengan menjalani olahraga yang teratur. Anda dapat olahraga santai seperti berjalan kaki, lari-lari kecil, atau bahkan fitness dengan didampingi instruktur yang berpengalaman.

  1. Makanan Sehat

Makanan tinggi serat sangat baik untuk menurunkan kolestrol ditubuh anda seperti oatmeal, roti gandum, biji-bijian, sayur dan buah. Mengurangi lemak pada hewani karena dapat meningkatkan kadar kolestrol pada darah. Untuk sejenak, rehatlah dari mengkonsumsi daging, mentega, susu berlemak dan makanan yang mengandung lemak hewani. Dan jangan lupa untuk rajin bertanya dengan dokter list makanan yang harus anda patuhi dan anda jauhi.

  1. Berhenti Merokok

Anda perokok aktif yang sulit untuk berhenti? Ingatlah, mungkin ini saatnya anda buang simpanan rokok anda dirumah. Pada perokok, apabila dia seorang penderita diabetes maka resiko meningkat dua kali lipat untuk terkena penyakit jantung. Apabila anda melakukan banyak hal untuk menurunkan resiko terkena diabetes dan jantung, namun, anda masih tetap merokok, besar kemungkinan bahwa program anda sulit untuk berhasil. Dikarenakan diet dan olahraga yang dilakukan kemungkinan tidak akan mencapai target karena kandungan yang ada pada rokok. (NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY