MENINGIOMA

DEFINISI

Meningioma adalah tumor yang timbul dari meninges yaitu selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Kebanyakan meningioma bersifat jinak, meskipun jarang meningioma yang mungkin menjadi kanker (ganas). Beberapa Meningioma diklasifikasikan sebagai atipikal, berarti mereka bukan jinak namun juga tidak ganas, sebaliknya.

Meningioma paling sering terjadi pada wanita yang lebih tua. Tetapi meningioma dapat terjadi pada laki-laki dan pada usia berapa pun, termasuk masa kanak-kanak. Meningioma tidak selalu memerlukan pengobatan langsung. Meningioma yang tidak menyebabkan tanda dan gejala dapat yang signifikan dapat dimonitor dari waktu ke waktu.

GEJALA

Tanda dan gejala meningioma biasanya mulai secara bertahap dan mungkin sangat halus pada awalnya. Tergantung bagian otak, jarang terjadi tumor terletak tulang belakang, tanda-tanda dan gejala termasuk :

  • Perubahan dalam penglihatan, seperti penglihatan ganda atau buram
  • Sakit kepala yang memburuk seiring waktu
  • Gangguan Pendengaran
  • Kehilangan ingatan
  • Hilangnya daya Cium
  • Kejang
  • Kelemahan pada lengan atau kaki

Kapan Anda harus menemui dokter

Kebanyakan tanda dan gejala meningioma berkembang perlahan-lahan, tetapi kadang-kadang meningioma memerlukan perawatan darurat.

Mencari perawatan darurat jika Anda memiliki :

  • Kejang tiba-tiba
  • Perubahan mendadak dalam penglihatan atau memori

Temui dokter jika Anda memiliki tanda dan gejala yang kuat, seperti sakit kepala yang memburuk dari waktu ke waktu.

PENYEBAB

Penyebab gangguan ini tidak diketahui secara jelas. Dokter tahu bahwa terjadi perubahan dalam sel meninges yaitu membran yang membentuk penghalang pelindung di sekitar otak dan sumsum tulang belakang Anda untuk membuat mereka lepas kendali, mengarah ke tumor meningioma. Tapi apakah hal ini terjadi karena gen yang Anda mewarisi, paparan lingkungan Anda, hormon atau kombinasi faktor-faktor ini masih belum diketahui.

FAKTOR RESIKO

Faktor risiko untuk meningioma meliputi :

  • Pengobatan Radiasi. Terapi radiasi yang melibatkan radiasi kepala dapat meningkatkan risiko meningioma.
  • Hormon-hormon wanita. Meningioma lebih umum pada wanita, dokter percaya bahwa hormon-hormon wanita mungkin memainkan peran.
  • Gangguan yang diwarisi dalam sistem saraf. Kelainan langka neurofibromatosis tipe 2 meningkatkan risiko meningioma dan tumor otak lainnya.

KOMPLIKASI

Meningioma dan perawatannya, biasanya berupa operasi dan terapi radiasi yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, termasuk :

  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kehilangan memori
  • Perubahan kepribadian
  • Kejang

Dokter dapat mengobati beberapa komplikasi dan mengarahkan Anda ke spesialis untuk membantu Anda mengatasi dengan komplikasi lainnya.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Anda mungkin memulai dengan melihat dokter keluarga atau dokter umum. Jika dokter mencurigai Anda mungkin memiliki tumor otak, seperti meningioma, Anda dapat dirujuk ke dokter spesialis yang mengobati gangguan otak (ahli saraf dan ahli bedah saraf).

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk konsultasi.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya jika ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Tuliskan informasi penting mengenai pribadi Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan hidup.
  • Buatlah daftar semua obat, serta vitamin atau suplemen yang Anda pakai.
  • Membawa salah seorang naggota keluarga saat konsultasi karena mereka dapat membantu menyampaikan keluhan yang Anda mungkin lupa dan membantu mendengarkan semua informasi penting yang disampaikan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Untuk meningioma, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter adalah :

  • Apakah meningioma yang saya miliki bersifat ganas?
  • Berapa besar meningioma yang saya miliki?
  • Apakah Meningioma terus tumbuh? Seberapa cepat?
  • Perawatan apa yang Anda rekomendasikan?
  • Apakah saya perlu pengobatan sekarang, atau lebih baik untuk mengambil pendekatan menunggu dan melihat perubahanya?
  • Apakah komplikasi potensial dari setiap perawatan?
  • Apakah ada komplikasi jangka panjang yang dapat terjadi?
  • Harus saya mencari pendapat kedua? Dapatkah Anda merekomendasikan dokter lain atau rumah sakit yang memiliki pengalaman dalam mengobati meningioma?
  • Adakah brosur atau bahan cetak lainya serta website yang dapat Saya pedomani di rumah?
  • Apakah saya perlu untuk membuat keputusan tentang pengobatan sesegera mungkin? Berapa lama saya bisa menunggu?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain selama konsultasi.

TES DAN DIAGNOSIS

Meningioma dapat dideteksi pada tes pencitraan, seperti :

  • Computerized tomography (CT) scan. CT scan mengambil X-Ray yang menciptakan gambar penampang (seperti irisan) untuk otak dan kepala Anda. Gambar-gambar ini digabungkan bersama oleh komputer untuk menciptakan sebuah gambaran lengkap dari otak Anda. Kadang-kadang pewarna yodium berbasis digunakan untuk menambah gambar.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). Dengan studi pencitraan ini, Medan magnet dan gelombang radio digunakan untuk membuat gambar penampang struktur dalam otak Anda. Scan MRI memberikan gambaran yang lebih rinci dari otak dan meningioma.

PERAWTAN DAN PENGOBATAN

Pengobatan yang Anda terima untuk meningioma tergantung pada banyak faktor, termasuk ukuran meningioma Anda, posisinya dan seberapa agresif penyakit ini. Dokter juga akan mengambil mempertimbangkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan tujuan Anda untuk pengobatan.

Menunggu dan melihat pendekatan

Pengobatan langsung tidak diperlukan untuk semua orang dengan meningioma. Meningioma kecil dan tumbuh lambat serta tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala mungkin tidak memerlukan pengobatan. Jika rencana adalah untuk tidak menjalani pengobatan untuk meningioma Anda, Anda kemungkinan besar akan memiliki scan otak secara berkala untuk mengevaluasi meningioma Anda dan mencari tanda-tanda yang berkembang.

Jika dokter menentukan meningioma Anda tumbuh dan perlu diobati, Anda memiliki beberapa pilihan pengobatan.

Operasi

Jika meningioma menyebabkan tanda-tanda dan gejala atau menunjukkan tanda-tanda yang berkembang, dokter dapat merekomendasikan operasi. Ahli bedah bekerja untuk menghapus meningioma sepenuhnya. Tapi karena meningioma mungkin terjadi di dekat banyak struktur halus dalam otak atau jaringan syaraf, tidak selalu mungkin untuk menghapus seluruh tumor. Dalam kasus tersebut, ahli bedah menghilangkan meningioma sebanyak mungkin.

Jika ada jenis perawatan yang Anda perlukan setelah operasi tergantung pada beberapa faktor.

  • Jika tetap tumor tidak terlihat, maka perawatan lebih lanjut mungkin diperlukan. Namun, Anda akan memiliki scan periodik tindak lanjut
  • Jika tumor jinak dan hanya sepotong kecil tetap, maka dokter dapat merekomendasikan scan periodik tindak lanjut. Dalam beberapa kasus, sisa tumor yang kecil dapat diperlakukan dengan bentuk pengobatan radiasi yang disebut stereotactic radiosurgery.
  • Jika tumor atipikal atau ganas, Anda mungkin perlu radiasi.

Operasi dapat menimbulkan risiko termasuk infeksi dan perdarahan. Risiko bedah akan tergantung pada posisi meningioma Anda. Sebagai contoh, pembedahan untuk mengangkat meningioma yang terjadi di sekitar saraf optik dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan. Tanyakan dokter bedah Anda tentang risiko operasi tertentu.

Terapi radiasi

Jika meningioma tidak dapat benar-benar dihapus, dokter dapat merekomendasikan terapi radiasi setelah tindakan bedah. Tujuan terapi radiasi adalah untuk menghancurkan sel-sel meningioma setiap sisa dan mengurangi kemungkinan bahwa meningioma Anda mungkin kambuh. Terapi radiasi menggunakan mesin besar untuk mengarahkan balok energi bertenaga tinggi pada sel-sel tumor.

Kemajuan dalam terapi radiasi meningkatkan dosis radiasi meningioma sementara mengurangi radiasi jaringan yang sehat. Ini termasuk radioterapi stereotaktis fractionated (SRT) dan terapi radiasi dimodulasi intensitas (IMRT). Radiasi berkas proton mungkin salah satu pilihan, tetapi belum diketahui standar radiasi ini.

Radiosurgery

Radiosurgery adalah jenis pengobatan radiasi dengan mengarahkan beberapa sinar radiasi yang kuat pada titik yang tepat. Bertentangan dengan namanya, radiosurgery tidak melibatkan scalpels atau sayatan. Radiosurgery biasanya dilakukan dengan pengaturan rawat jalan dalam beberapa jam. Radiosurgery dapat menjadi pilihan untuk orang dengan meningioma yang tidak dapat dihilangkan dengan operasi konvensional atau meningioma yang kambuh meskipun dengan pengobatan.

Radiasi pemecahan

Untuk tumor yang terlalu besar untuk radiosurgery atau yang tidak dapat mentoleransi intensitas tinggi radiosurgery seperti tumor yang dekat dengan saraf optic, sebuah pilihan yang mungkin adalah fractionated radiasi. Ini melibatkan memberikan radiasi dalam pecahan kecil dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, pendekatan ini mungkin memerlukan satu pengobatan per hari selama 30 hari.

Obat-obatan

Untuk orang dengan meningioma yang kambuh atau tidak menanggapi radiasi dan bedah, dokter mencoba sistem perawatan berbeda. Namun, kebanyakan kemoterapi tidak terbukti berhasil sepenuhnya, tapi beberapa obat, seperti hydroxyurea (Droxia, Hydrea), kadang-kadang digunakan. Obat lain juga sedang diuji, seperti yang mencegah Pelepasan hormon pertumbuhan (somatostatin analog). Baru-baru ini, obat-obatan yang menghambat kemampuan tumor untuk merekrut pembuluh darah (angiogenesis inhibitor) telah menunjukkan beberapa janji, namun masih berupa data awal. Studi lebih lanjut diperlukan akan hal ini.

PENGOBATAN ALTERNATIF

Pengobatan alternatif tidak bisa mengobati meningioma sepenuhnya, tetapi beberapa dapat memberikan bantuan untuk efek samping pengobatan atau membantu Anda mengatasi stres karena memiliki meningioma.

Terapi pengobatan alternatif yang mungkin dapat membantu meliputi :

  • Akupunktur
  • Hipnosis
  • Pemijatan
  • Meditasi
  • Terapi musik
  • Latihan relaksasi

Diskusikan dengan dokter Anda tentang pihan di atas.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN

Didiagnosa dengan gangguan meningioma dapat menimbulkan rasa cemas dan kewalahan. Untuk membantu Anda mengatasi, cobalah untuk :

  • Pelajari semua hal tentang meningioma. Meminta tim perawatan kesehatan Anda di mana Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang meningioma dan pilihan pengobatan Anda. Kunjungi perpustakaan setempat dan meminta pustakawan untuk membantu Anda melacak sumber daya yang handal untuk informasi lebih lanjut, termasuk sumber online. Menuliskan pertanyaan Anda sehingga Anda akan ingat untuk bertanya saat berkonsultasi dengan dokter. Lebih banyak yang Anda tahu tentang kondisi Anda, semakin siap Anda untuk membuat keputusan mengenai perawatan Anda.
  • Membangun jaringan pendukung. Memiliki teman dan keluarga yang mendukung Anda dapat memberikan bantuan. Anda mungkin merasakan manfaat jika Anda memiliki seseorang diajak berbicara tentang perasaan Anda. Orang lain yang dapat memberikan dukungan mencakup pekerja sosial dan psikolog. Minta rujukan dokter jika Anda merasa bahwa Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara. Berbicara dengan pendeta atau pemimpin spiritual lainnya. Orang lain dengan meningioma dapat menawarkan perspektif yang unik, jadi pertimbangkan bergabung dengan kelompok pendukung. Apakah itu adalah dalam komunitas Anda atau secara online.

Mengurus diri sendiri. Cobalah untuk tetap sehat selama pengobatan untuk merawat meningioma sendiri. Makan diet kaya buah-buahan dan sayuran, dan mendapatkan latihan moderat setiap hari jika memungkinkan. Dapatkan cukup tidur sehingga Anda bangun dengan perasaan beristirahat. Mengurangi stres dalam hidup Anda berfokus pada apa yang penting bagi Anda. Langkah-langkah ini tidak akan menyembuhkan, tapi mereka dapat membantu Anda merasa lebih baik ketika Anda sembuh dari operasi atau membantu Anda untuk mengatasi selama terapi radiasi.