Meningkatkan Imunitas Selama Kehamilan

SehatFresh.com – Kehamilan membawa berbagai perubahan pada sistem tubuh. Salah satunya, menurunnya sistem imunitas. Pada dasarnya, perubahan-perubahan yang menyertai kehamilan secara alamiah ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan janin dalam kandungan. Namun, menurunnya sistem imunitas membuat ibu hamil gampang sakit.

Ketika ibu sakit, ini menimbulkan dilema. Pasalnya, penyakit bisa berpengaruh pada kesehatan janin, tapi obat untuk mengobati penyakit juga berpotensi membahayakan janin. Agar hal itu tidak sampai terjadi, salah satu yang bisa ibu lakukan ialah meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat yang didukung oleh praktik hidup sehat lainnya.

  • Makan sehat

Asupan nutrisi yang memadai merupakan kunci utama untuk mendukung kehamilan yang sehat. Konsumsi makanan bernutrisi terutama buah dan sayur menyediakan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sistem imunitas yang kuat. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak, atau makanan organik bila memungkinkan.

  • Perhatikan higienitas makanan

Tertekannya sistem kekebalan tubuh membuat ibu hamil menjadi sangat rentan terkena penyakit bawaan makanan. Cara sederhana untuk meminimalkan risikonya yaitu pastikan selalu mencuci tangan dengan benar sebelum menyiapkan makanan. Selalu cuci buah dan sayur di bawah air mengalir sebelum dikonsumsi, dan hindari konsumsi telur, ikan, makanan laut, unggas, daging dan produk olahannya yang masih mentah ataupun setengah matang. Kebersihan alat memasak juga sangat penting untuk diperhatikan.

  • Batasi konsumsi makanan olahan

Sebagian besar sistem kekebalan tubuh ditemukan dalam saluran pencernaan. Bakteri baik dalam usus berkembang biak dengan dukungan makanan bergizi yang kita konsumsi. Makanan kemasan dan olahan pabrik bisa meningkatkan bakteri patogen dalam usus sekaligus mengurangi bakteri baik. Bila terjadi ketidakseimbangan antara bakteri baik dan patogen, maka sistem kekebalan tubuh juga terganggu.

  • Konsumsi vitamin prenatal

Vitamin prenatal merupakan multivitamin yang dibuat khusus untuk wanita hamil. Dibandingkan dengan multivitamin biasa, vitamin prenatal mengandung beberapa nutrisi lebih yang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan kehamilan. Salah satu cara kerjanya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Cukup istirahat

Sebagai wanita hamil, Anda mungkin menjadi lebih mudah lelah dibandingkan sebelum hamil. Anda harus peka dengan isyarat tubuh. Ketika lelah, segaralah beristirahat atau tidur siang. Pastikan juga waktu tidur malam Anda tercukupi. Kecukupan waktu tidur sangat penting, karena tidur berperan dalam perbaikan dan regenerasi sistem kekebalan tubuh. Jika Anda kurang tidur, sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga mekanisme pertahanannya menjadi tidak optimal. Akibatnya, ibu hamil jadi lebih sering sakit.

  • Kendalikan stres dan berolahraga secara teratur

Terkadang, ibu hamil menjadi stres karena kehamilannya. Ini seringkali disebabkan karena khawatir menghadapi persalinan atau khawatir akan masa depan anaknya kelak. Terlalu banyak stres meningkatkan hormon tertentu yang memiliki efek merugikan pada fungsi sistem kekebalan tubuh, seperti mengurangi produksi antibodi yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit. Salah satu cara mengelola stres ialah dengan rutin berolahraga. Ibu hamil bisa mendapatkan manfaat fisik yang bugar dan pikiran yang segar dengan mengikuti kelas prenatal yoga.

  • Menghentikan kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan merokok, minum alkohol, dan menggunakan obat-obatan tertentu juga akan memberikan pengaruh pada sistem kekebalan tubuh, serta sangat membahayakan kesehatan janin.

  • Hindari kontak dengan orang sakit

Sebaiknya, ibu hamil menghindari kontak langsung dengan orang sakit, terutama dengan orang yang menderita penyakit menular. Hal ini penting agar ibu tidak sampai mengidap penyakit menular serupa ketika sedang hamil.

Sumber gambar : www.SehatFresh.comĀ 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY