Meningkatkan Nafsu Makan saat Sarapan

blogspot.com

SehatFresh.com – Sarapan merupakan salah satu jadwal makan yang harus dilakukan. Seperti yang kita semua ketahui, sarapan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, sarapan juga memiliki manfaat besar untuk mencegah tubuh kita terjangkit penyakit berbahaya, seperti mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Sayangnya, banyak orang yang meyepelekan sarapan. Tak sedikit orang yang melewatkan jadwal makan yang satu ini dengan berbagai alasan. Tidak ada waktu, bangun terlambat, dan alasan-alasan lainnya.

Segera hentikan kebiasaan buruk ini, karena jika terus menerus melewatkan sarapan, maka akan lebih rentan terserang berbagai penyakit berbahaya. Melewatkan sarapan dan melakukan aktivitas dengan perut kosong akan memicu mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang banyak di siang harinya. Hal ini akan membuat timbunan lemak di perut, dan meningkatkan kolestrol yang nantinya akan rentan terkena penyakit jantung.

Selain itu, keadaan perut yang kosong di pagi hari juga akan memicu kadar insulin lebih tinggi di dalam darah. Jika terus seperti ini, maka akan menimbulkan resiko penyakit diabetes.

  • Pilihlah Makanan yang Manis

Pilihlah makanan yang mengandung gula dan lemak sehat yang tinggi seperti pisang, alpukat, kacang-kacangan, selai dan saus yang lezat seperti hummus (saus yang terbuat dari kacang arab) atau keju krim, atau kudapan asin seperti popcorn dan pretzel (kue khas Eropa yang rasanya asin dan sedikit manis).

  • Pilihlah Makanan Favorit

Makan lebih banyak akan lebih mudah jika makan makanan yang disukai. Luangkan waktu dan lakukan persiapan untuk membeli dan merencanakan makanan utama dan kudapan yang disukai. Cara ini akan menghindari untuk tidak mogok makan hanya karena tidak ada makanan di rumah yang merangsang selera.

  • Hindari Makanan dengan Aroma yang Menusuk.

Makanan yang memiliki aroma tajam akan sangat mengganggu sehingga tidak mau menghabiskan makanan, terlebih jika awalnya tidak merasa lapar. Hindari makanan seperti ikan tuna atau keju berbau tajam (kecuali jika menyukainya) atau apapun yang memiliki aroma yang tidak merangsang nafsu makan.

Ingat, makanan panas biasanya memiliki aroma yang lebih tajam daripada makanan dingin, jadi cobalah makan sandwich, salad, atau daging olahan yang disajikan dingin, jika tidak suka makanan beraroma tajam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY