Meningkatkan Sistem Imun saat Puasa Setelah Lelah Bekerja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sistem kekebalan tubuh mungkin menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman pada saat puasa. Sehingga tubuh akan merasakan lemas dan tidak bersemangat. Namun, lemas pada saat berpuasa bukan menjadi alasan untuk terus bermalas-malasan.

Saat berpuasa memang kita sebaiknya menghemat energi agar tubuh tidak mudah lelah. Kondisi ini bisa diatasi dengan asupan nutrisi dan vitamin yang baik, terutama vitamin C dan Zinc. Puasa selama bulan ramadhan bisa memberikan efek yang positif bagi kesehatan jika dilakukan dengan benar.

Nah, berikut beberapa tips asupan makanan dan aktivitas yang bisa membantu meningkatkan sistem imun setelah lelah berpuasa agar tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Istirahat yang cukup

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan istirahat anda secara cukup. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol, yang dimana hormon ini merupakan pemicu timbulnya stres. Selain itu, hormon kortisol ini dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi sistem imun dalam melawan infeksi sehingga tubuh anda mudah jatuh sakit. Cobalah untuk mengatur jadwal tidur dan bangun saat puasa, agar tidur menjadi lebih teratur dan dapat menjaga kesehatan anda.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan Zinc

Saat berpuasa tubuh sangat memerlukan nutrisi dan vitamin, salah satu vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin C. vitamin C menjadi vitamin yang efektif untuk menjaga kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, masalah kehamilan, hingga masalah pada kulit.

Sementara Zinc dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan tubuh dan menjaga kesehatan. Zinc adalah sejenis logam yang berguna untuk mebantu kerja sistem imun dan terbukti membantu mengurangi angka kematian akibat pneumonia dan diare serta mecegah infeksi pernapasan.

  1. Olahraga secara teratur

Walaupun sedang berpuasa, sebaiknya anda tetap melakukan olahraga dalam skala ringan untuk membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Anda dapat melakukan olahraga pada pagi hari setelah melakukan ibadah sholat subuh atau pada sore menjelang berbuka, atau bahkan berolahraga setelah berbuka puasa. Waktu untuk olahraga ini dapat anda pilih sesuai tujuan olahraga yang anda inginkan.

  1. Penuhi nutrisi penting saat berpuasa

Pada saat berpuasa anda hanya makan pada saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan asupan nutrisi pada makanan yang anda konsumsi. Makanan yang anda konsumsi harus mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral, lemak, protein dan kalsium untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

Anda dapat memilih bahan makanan seperti telur yang merupakan makanan yang kaya akan sumber protein, vitamin B-kompleks, dan vitamin D yang memperlancar aliran darah sekaligus membasmi penyakit. Selanjutnya anda juga harus mengonsumsi sayur seperti bayam, atau sayur hijau lain yang kaya akan asam folat yang berfungsi untuk membantu tubuh membentuk sel-sel baru.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here